Tips Membeli Printer yang Bagus sesuai Kebutuhan Anda

Memilih printer rumahan tidak selalu tergantung pada fitur yang ada di pasaran. Dengan panduan pembelian singkat ini, kami telah mengumpulkan penjelasan sederhana tentang istilah umum, spesifikasi serta rekomendasi yang akan memandu sebagian besar pembeli.

Tips-membeli-printer

Printer yang biasa di pasaran ada dua jenis: printer inkjet, yang menggunakan kartrid tinta basah untuk menghasilkan cetakan dan printer laser, yang menggunakan kartrid toner.

Read More

Pertanyaan pertama semua pembeli printer, perlu bertanya pada diri sendiri, apa dan berapa banyak mereka berniat untuk mencetak.

Printer Inkjet dan Laser

Printer inkjet cepat dan dapat mencetak hampir semua jenis teks dan gambar. Dan printer inkjet saat ini menyaingi atau melampaui jenis laser.

Ketika sebagian besar pencetakan yang perlu Anda lakukan adalah dalam monokrom (satu warna), printer laser memberikan nilai terbaik untuk biaya. Jenis printer ini cenderung mencetak pada kecepatan yang lebih tinggi dan menawarkan biaya per halaman yang lebih rendah daripada printer inkjet dengan kartrid warna.

Namun, Anda harus memutuskan apakah fleksibilitas yang ditawarkan printer inkjet warna sepadan dengan kebutuhan Anda.

Printer laser warna (bukan monokrom) adalah pilihan lain; namun, mereka umumnya membutuhkan lebih banyak biaya per halaman yang dicetak daripada inkjet warna karena kualitas cetak dan tonernya lebih tinggi.

Printer laser memiliki hasil halaman yang lebih tinggi, bisa mencetak hingga 3.000 hingga 20.000 halaman sebelum perlu diganti. Kartrid inkjet rata-rata bisa mencetak hingga 2.000 hingga 2.500 halaman.

Memiliki hasil halaman yang lebih tinggi membuat perbedaan saat membeli untuk kantor besar atau kebutuhan printer yang produktif.

Printer multifungsi

Dianggap sebagai inovasi teknologi terbaru dalam pencetakan, printer multifungsi tidak hanya untuk digunakan sebagai printer rumahan. Bagi pengguna yang ingin menghemat waktu dan ruang, unit multifungsi (MFP – Multi Function Printer) sangat masuk akal.

Mereka dapat dibeli dengan harga murah dan memiliki banyak fungsi mulai dari men-scan hingga mengirim faks serta mencetak – sesuatu yang membuatnya sangat efektif bahkan untuk penggunaan pribadi.

MFP berguna karena memudahkan untuk menscan dokumen langsung ke komputer Anda. Namun, faks sebagian besar telah mulai tidak digunakan dari dunia bisnis dalam banyak kasus, sehingga nilai tambah tidak besar.

Baca juga Daftar 10 Pilihan Laser Printer Murah Terbaik .

Printer foto

Jika Anda lebih tertarik untuk mengabadikan dan menyimpan foto keluarga di atas kertas daripada mencetak tugas pekerjaan rumah atau diagram lingkaran, printer foto khusus adalah cara yang tepat.

Meskipun mereka tidak memiliki fleksibilitas dan kualitas pada kecepatan pencetakan, sering kali menyaingi hasil cetakan dari layanan pesanan melalui pos atau kiosk, penghematan biaya Anda akan sepadan.

Banyak dari printer yang dijual saat ini adalah unit ukuran kecil yang mampu mencetak foto hingga 4×6 inci atau model format lebar yang dirancang untuk media hingga lebar 24 inci.

Jenis printer khusus (Canon dan Epson) mampu mencetak foto dengan akurasi warna yang lebih besar, beberapa bahkan dapat mencetak dalam ukuran 8,5 kali 11 inci bagi mereka yang membutuhkannya.

Kecepatan, resolusi, dan warna

Saat ini, hampir semua vendor menggunakan pengujian ISO untuk memenuhi klaim pelanggan. Angka-angka distandarisasi, membuat klaim berlebihan menjadi sesuatu dari masa lalu.

Semua klaim dan peringkat menggunakan protokol uji ISO dikembangkan menggunakan kumpulan dokumen dan prosedur yang identik.

Spesifikasi penting meliputi:

PPM (Page per Minute)

“Halaman per menit” adalah panduan seberapa cepat printer dapat mencetak halaman. Tampaknya cukup sederhana, tetapi PPM dapat menjadi kompleks – misalnya, printer warna memiliki PPM yang sangat berbeda untuk hitam dan putih versus warna (dan dua PPM berbeda jika berfokus pada warna). Ini tidak terlalu penting kecuali Anda berada di bawah tekanan waktu atau perlu mencetak banyak sekaligus.

PPM biasanya sekitar 15 hingga 20 halaman dan PPM berwarna kurang dari itu, biasanya hanya 10 hingga 15 halaman per menit.

DPI (Dots Per Inch)

Penting untuk mengetahui apa itu DPI, tetapi itu bukan cara terbaik untuk mengukur kualitas cetak.

Metode dan perangkat lunak yang lebih baru dapat meningkatkan resolusi cetak tanpa mengubah DPI, jadi jangan mengandalkannya sebagai spesifikasi penentu utama.

Duty Cycle

Siklus tugas adalah berapa banyak halaman per bulan yang diharapkan dapat dicetak oleh printer. Siklus tugas penting untuk kantor dengan banyak kebutuhan pencetakan. Spesifikasi ini hanyalah dasar untuk perbandingan antar perangkat.

Konektivitas

Saat ini, hampir setiap perangkat pencetakan menawarkan beberapa opsi konektivitas. Konektivitas Wi-Fi basic dan pencetakan cloud sekarang menjadi standar, tetapi untuk proyek tertentu, jenis koneksi lain mungkin lebih berguna.

USB:

Sambungan USB umum digunakan saat menyambungkan ke printer. Standar USB-A sangat populer. Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah menghubungkan perangkat seperti hard drive eksternal sehingga Anda tidak perlu menggunakan komputer sebagai perantara.

Ethernet:

Printer sering kali memiliki port ethernet untuk koneksi kabel ke internet, membuat kebutuhan printer rumahan dapat terpenuhi.

Wifi:

Sebagian besar printer yang dirancang untuk penggunaan di rumah terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda. Anda akan mengunduh perangkat lunak di komputer, ponsel, atau perangkat lain sehingga Anda dapat mencetak langsung dari perangkat lunak tersebut. Ini nyaman dan baik untuk situasi kerja-dari-rumah.

Wi-Fi Direct:

Wi-Fi Direct adalah sinyal aman yang menghubungkan antar perangkat tanpa terhubung ke jaringan Anda. Teknologi Wi-Fi Direct Apple adalah contoh utama. Ini cepat dan mudah, dan terhubung langsung ke printer.

NFC:

NFC juga tersedia pada beberapa model, yang memungkinkan Anda menghubungkan printer ke smartphone atau tablet hanya dengan menyentuhkan perangkat ke area tertentu pada printer Anda.

Pencetakan Cloud:

Dengan banyaknya printer yang kini menawarkan fitur berbasis internet, pemilik printer dapat mengakses foto yang tersimpan di situs-situs seperti Facebook, Flickr, Dropbox, dan Google Drive. Anda juga dapat mencetak dari jarak jauh dari perangkat seperti smartphone atau tablet.

Kartu SD:

Beberapa printer juga memiliki slot kartu SD. Ini memudahkan untuk memilih dan mencetak file dari kamera Anda di tempat.

Biaya tinta

Jika Anda perlu mencetak banyak dokumen, biaya tinta adalah faktor yang perlu dipertimbangkan.

Biaya tinta diukur per halaman, dari beberapa ratus rupiah per halaman hitam putih dan lebih mahal per halaman berwarna.

Printer yang lebih terjangkau dapat meningkatkan biaya ratusan rupiah per cetakan, tetapi itu bukan perbedaan besar kecuali Anda mencetak ratusan halaman setiap bulan.

Anda dapat menemukan informasi tentang biaya per cetak dari spesifikasi printer atau menghitung sendiri toner versus hasil halaman.

Kartrid isi ulang adalah pilihan yang bagus untuk bisnis yang ingin menghemat uang dan memiliki persediaan tinta yang berkelanjutan. Membelinya dalam jumlah besar dan mengisi ulang sendiri akan membantu memangkas biaya!

Duplexing (pencetakan atau scan dua sisi)

Pencetakan dupleks otomatis menjadi lebih umum dan itu merupakan nilai tambah yang besar. Ini termasuk mencetak atau scan kedua sisi halaman tanpa mengharuskan Anda membalik halaman secara manual.

Dengan pencetakan dupleks, sisi pertama halaman dicetak dan kemudian ditarik kembali melalui printer untuk dicetak di kedua sisi.

Perangkat all-in-one bisa menjadi pilihan tepat untuk men-scan dokumen Anda. Namun, perangkat all-in-one tanpa pengumpan dokumen otomatis tidak akan men-scan dua sisi — hanya akan men-scan satu sisi pada satu waktu.

Jika Anda sering memindai halaman dua sisi, seperti halaman majalah, pen-scan dupleks akan menghemat waktu Anda.

Penanganan kertas

Printer sekarang dirancang untuk mengakomodasi kertas khusus dengan ukuran yang tidak biasa atau berat yang berbeda. Pertimbangkan ukuran tempat masukan kertas printer Anda – hopper 250 halaman atau lebih kecil dapat memudahkan untuk menambahkan kertas sebulan sekali.

Printer untuk rumah tanpa kertas modern

Tahun 2020 adalah satu dekade perubahan bagi pembeli printer. Banyak dari mereka telah sepenuhnya beralih ke pekerjaan digital dan tidak lagi membutuhkan model kartrid tinta mereka.

Sebaliknya, mereka masih perlu sesekali mencetak foto atau memindai tanda tangan.

Printer besar mungkin tidak sepadan karena menghabiskan ruang dan memerlukan perawatan, jadi mereka mencari model ringkas yang efisien dengan penggunaan tinta.

Jenis printer baru ini kompak, sering portabel, yang sempurna untuk pekerjaan kecil. Beberapa contohnya adalah printer nirkabel Canon Pixma iP110 dan HP Tango X yang sangat portabel, yang dapat bekerja langsung dari ponsel atau laptop Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.