Kata kata Mutiara Islam Sebagai Peneduh Hati

  • Whatsapp

Kata kata mutiara Islam terbaik bisa didapat dari berbagai kutipan hadits dan kutipan ayat-ayat Al-Quran. Hasil pemikiran orang-orang muslim ahli ibadah yang memberikan nasehat untuk kebaikan sesama juga bisa dijadikan bacaan penyejuk hati serta sebagai inspirasi untuk menambah semangat dalam aktifitas sehari-hari.

Kata kata bijak Islam

Selain sebagai penambah semangat, kata kata mutiara Islam juga sering dijadikan sebagai penambah Ilmu, penguat Iman seorang muslim yang terkadang bisa naik atau pun turun.

Islami di sini memiliki arti mengandung ajakan untuk kebaikan di sisi Allah SWT yang juga terkandung dalam ajaran-ajaran yang disampaikan Nabi SAW dan tentunya tidak menyimpang dari kitab umat muslim, Al-Quran.

Yuk, bagi yang sudah tidak sabar, langsung saja kita ikuti kutipannya berikut ini:

Kata Kata Mutiara Islam untuk Kehidupan Sehari-hari

“Sesungguhnya setiap perbuatan bergantung pada niat.” (HR. Bukhari)

“Apabila hendak mengerjakan sesuatu perkara, maka pikirkan dulu akibatnya. Apabila akibatnya baik, kerjakanlah. Dan apabila akibatnya buruk, tinggalkanlah.” – HR.Ibnul Mubarak

“Apabila hendak melakukan suatu perkara, maka engkau harus bersikap tenang sehingga Allah menunjukkan kepadamu jalan keluar.” – HR. Bukhari

“Apabila suatu perkara diserahkan bukan kepada ahlinya, maka tunggulah saat kehancurannya.” – HR. Bukhari

“Yang paling sering timbul perasaan susahnya adalah orang mukmin, dia memiliki perkara dunia sekaligus pula memikirkan perkara akhirat.” – Ibnu Majah

“Sedekah yang paling utama ialah kamu memberi makan hati yang lapar.” – HR. Al Baihaqi

“Singkirkanlah gangguan dari jalan. Dengan begitu kamu telah bersedekah.” – HR. Bukhari

“Sedekah yang paling utama ialah seorang muslim belajar ilmu, kemudian mengajarkan kepada muslim lainnya.” – Ibnu Majah

“Amal yang paling utama setelah beriman kepada Allah adalah cinta kasih terhadap sesama manusia.” – HR. Ath Thabarani

“Orang yang paling besar haknya untuk dimuliakan bagi wanita adalah suaminya, dan orang yang paling besar haknya untuk dimuliakan bagi lelaki adalah ibunya.” – HR. Al Hakim

“Berikan upah pekerja sebelum keringatnya kering, dan beritahukan upahnya sewaktu ia sedang bekerja.” – HR. Al Baihaqi

“Sesungguhnya laki-laki yang dimurkai Allah adalah yang gemar bermusuhan.” – HR. Muslim

“Sesungguhnya Allah menyukai sikap hati-hati dalam semua perkara.” – HR. Bukhari

Keberadaan pasangan atau buah hati dalam keluarga sakinah akan menjadi semacam benteng yang dapat menahannya dari dorongan berbuat dosa dan kemaksiatan.

Menyadari bahwa pasangan memiliki kekurangan dan kita berjiwa besar untuk menerimanya akan melahirkan perasaan tenang.

Kata kata Mutiara Islami tentang Persahabatan

“Dan jadikanlah untukku seorang pembantu dari keluargaku, (yaitu) Harun, saudaraku, teguhkanlah kekuatanku dengan (adanya) dia,dan jadikanlah dia teman dalam urusanku, agar kami banyak bertasbih kepada-Mu, dan banyak mengingat-Mu.” (QS. 20: 29-34)

“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. 9: 71)

“Dan Yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman). Walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Gagah lagi Maha Bijaksana.” (QS. 8: 63)

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (QS. 49: 10)

“Seseorang tidak akan sempurna imannya, manakala ia belum mencintai saudaranya, seperti mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari)

Barang siapa bersikap tulus dan rendah hati terhadap Allah, insya Allah akan memiliki hubungan sosial yang baik.

Pertahankanlah persahabatan dengan orang lain demi Allah SWT dan jangan berkawan semata demi keuntungan duniawi.

“Berbicaralah dengan orang-orang dengan kata-kata yang baik.” (QS. Al Baqarah 2: 83)

Perlakukanlah kawanmu sebagaimana engkau memperlakukan saudaramu.

Jangan sekali-kali mengabaikan nasihat yang baik dalam setiap kesempatan.

Kata kata Bijak Islam tentang Syukur dan Memberi

“Terimalah semua yang telah Allah berikan kepada kalian dan jadilah kalian termasuk orang-orang yang bersyukur.” (QS. 7: 144)

Bersyukurlah akan hari ini. Apakah hari ini Anda masih bisa minum air tawar dan menyegarkan? Mengapa Anda masih memikirkan air hari kemarin yang telah asin, atau menginginkan air hari esok yang masih pahit dan panas?

Bersyukurlah tentang diri Anda sendiri, Allah berfirman: “Dan (juga) pada diri kalian sendiri terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah, maka apakah kalian tiada memperhatikan?” (QS. 51:21)

“Dan jika kalian menghitung nikmat Allah, niscaya tidaklah kalian dapat menghitungnya.” (QS. 14: 34)

“Dan Dia telah menyempurnakan untukmu nikmat-Nya lahir dan batin.” (QS. 31: 20)

“Maka nikmat Tuhan kalian yang manakah yang pantas kalian dustakan?” (QS. 55: 13)

Janganlah Kamu menjadi seperti firman berikut: “Mereka mengetahui bahwa semua nikmat yang ada berasal dari Allah, tetapi mereka mengingkarinya.” (QS. 16: 83)

Berbuat baiklah dengan memberi, untuk mengharap ridha Allah SWT: “Kami memberi makan kalian hanyalah untuk mengharapkan ridha Allah. Kami tidak mengharapkan balasan dan tidak pula ucapan terimakasih dari kalian.” (QS. 76:9)

Janganlah takut pada kebencian terhadap kaum muslimin: “Matilah kalian karena kebencian kalian.” (QS. 3: 119)

Sesungguhnya perbuatan baik itu bagaikan minyak kesturi yang membawa manfaat, baik bagi pemakainya, penjualnya, maupun pembelinya.

Merasa lemah dan Bersedih merupakan hal yang dilarang Allah SWT: “Janganlah kalian merasa lemah dan jangan pula bersedih hati.” (QS 3: 136)

“Dan janganlah apa yang menimpa mereka membuat kamu bersedih hati.” (QS. 15: 88)

“Janganlah kamu bersedih hati, karena sesungguhnya Allah beserta kita.” (QS. 9: 40)

“Maka tidak ada rasa takut atas mereka dan tidak pula mereka bersedih hati.” (QS. 2:38)

“Segala puji bagi Allah yang telah mengusir kesedihan diri kami.” (QS. 35:34)

Kata kata Bijak Islam tentang Percaya dan Ridha pada ketentuan Allah SWT

“Jikalau mereka sungguh-sungguh ridha dengan apa yang diberikan Allah dan Rasul-Nya kepada mereka, dan berkata: “Cukuplah Allah bagi kami, Allah akan memberikan sebagian dari karunia-Nya dan demikian (pula) Rasul-Nya, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berharap kepada Allah,” (tentulah yang demikian itu lebih baik bagi mereka).” (QS. 9: 59)

Merasa puaslah engkau dengan apa yang diberikan Allah kepadamu, niscaya engkau akan menjadi manusia yang paling kaya dan jangan berburuk sangka pada Allah: “Adapun manusia, di antara tabiatnya bahwa jika Rabbnya mengujinya dan memuliakannya, memberikan kenikmatan kepadanya berupa harta, anak-anak dan kedudukan, ia mengira bahwa hal itu karena kemuliaannya di sisi Allah, maka ia berkata, ‘Rabbku telah memuliakanku karena aku berhak mendapatkan kemuliaan dari-Nya. Adapun bila Allah mengujinya dan menyempitkan rezekinya, maka ia mengira bahwa hal itu karena kehinaannya di hadapan Rabbnya, lalu ia berkata, “Rabbku telah menghinakanku.” (QS. 89: 15-16)

Kebahagiaan sesungguhnya terletak pada hati dengan keimanan, keridhaan, kerinduan, dan harapan kepada Allah SWT: “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. 49: 13)

Jangan tergiur dengan harta benda di dunia, namun tidak beriman dan tidak melaksanakan perintah Allah: “Maka janganlah harta benda dan anak-anak mereka menarik hatimu. Sesungguhnya Allah menghendaki dengan (memberi) harta benda dan anak-anak itu untuk menyiksa mereka dalam kehidupan di dunia dan kelak akan melayang nyawa mereka, sedang mereka dalam keadaan kafir.” (QS. 9: 55)

“Katakanlah: “Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.” (QS. 10: 58)

“Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh,” (QS. 4: 78)

Kata kata Islami tentang Mengasihi Diri dan Sesama

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.” (QS. 4: 29)

“Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS. 2: 195)

“Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah; dan barangsiapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. 64:11)

“Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka (dengan) surga dan (pakaian) sutera,” (QS. 76: 12)

“(sambil mengucapkan): “Salamun ‘alaikum bima shabartum”. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.” (QS. 13: 24)

“Dan jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang menghilangkannya melainkan Dia sendiri. Dan jika Dia mendatangkan kebaikan kepadamu, maka Dia Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu.” QS. 6: 17

Jangan takut pada selain Allah SWT: “Sesungguhnya mereka itu tidak lain hanyalah syaitan yang menakut-nakuti (kamu) dengan kawan-kawannya (orang-orang musyrik Quraisy), karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu benar-benar orang yang beriman.” (QS: 3: 175)

“Sesungguhnya Kami menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari berdirinya saksi-saksi (hari kiamat).”

Gravatar Image
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *