Cara Menggunakan PayPal: Daftar, Pembayaran dan Transfer

  • Whatsapp

Di zaman yang serba maju seperti sekarang ini, melakukan transaksi belanja secara online bukan lagi termasuk hal yang asing dan sulit untuk dilakukan.

Tidak hanya e-commerce yang bermunculan tetapi juga kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran.

Bagi Anda yang senang melakukan belanja online tentunya Anda akan merasakan kemudahan dalam melakukan transaksi dalam pembayarannya.

Berbagai fasilitas pembayaran akan sangat membantu untuk melakukan transaksi secara online.

Salah satu yang paling sering digunakan adalah PayPal dan kartu kredit, karena fasilitas ini sudah digunakan dalam berbagai transaksi di seluruh dunia.

Apa itu PayPal?

PayPal adalah sistem pembayaran secara elektronik yang dapat menggantikan transaksi konvensional berupa cek maupun transfer uang.

Jika Anda mempunyai akun PayPal diibaratkan seperti Anda mempunyai rekening secara online yang dapat Anda gunakan untuk melakukan belanja online atau menerima dana dari orang yang mempunya akun PayPal atau kartu kredit.

PayPal semakin diminati oleh masyarakat karena dapat melakukan transaksi kapanpun dan di manapun.

PayPal dapat melakukan pembayaran dengan sumber dana yang berasal kartu kredit, kartu debet atau rekening bank.

Para penjual ataupun pengelola bisnis online shop memanfaatkan teknologi PayPal ini untuk menawarkan alternatif pembayaran bagi pelanggan mereka. 

Jenis pelayanan PayPal

Dengan memiliki akun PayPal, Anda bisa langsung menggunakan sekaligus menikmati berbagai jenis layanan yang tersedia. Berikut jenis layanan yang disediakan oleh PayPal

  • Anda bisa melakukan transfer uang dari bank ke akun PayPal Anda atau sebaliknya dari akun PayPal Anda ke rekening Pribadi Anda
  • Anda bisa transfer uang dari akun PayPal Anda ke akun PayPal orang lain di seluruh dunia.
  •   Anda bisa melakukan pembelian secara online atau bahkan Offline sekalipun di berbagai Negara di dunia.

Cara Mendaftar Akun PayPal

Jika Anda ingin membuat akun PayPal Indonesia, caranya sangat mudah. Anda hanya memerlukan komputer maupun ponsel yang tersambung dengan internet.

Hal ini tentunya sangat memudahkan Anda daripada harus mendatangi kantor PayPal secara langsung seperti membuat rekening pribadi secara konvensional.

Berikut langkah-langkah membuat akun PayPal:

1. Anda harus berusia minimal 18 tahun, memiliki email yang valid dan sudah memiliki kartu kredit.

2. Buka situs resmi PayPal yaitu PayPal.com.

3. Pada bagian atas website akan tersedia pilihan sebuah akun PayPal untuk pribadi atau akun PayPal untuk bisnis.

cara-membuat-akun-paypal_0

Pilih keperluan akun PayPal kemudian klik tombol “daftar” yang tersedia di bagian atas sebelah kanan halaman tersebut.

4. Anda kemudian akan diarahkan ke halaman yang baru untuk selanjutnya memilih akun yang Anda ingin gunakan.

Misalnya “primer” yang bisa digunakan untuk berbagai transaksi belanja online dan juga menerima pengiriman uang secara online.

cara-membuat-akun-paypal_1

5. Isi data pribadi pada kolom-kolom yang telah tersedia, pastikan Anda mengisi semua data tersebut dengan benar.

Setelah proses pengisian biodata selesai, klik “setuju dan buat rekening” yang terdapat di bagian bawah.

cara-membuat-akun-paypal_2

6. Selanjutnya akan muncul halaman verifikasi yang akan meminta Anda untuk memasukkan kode ke dalam kolom yang tersedia. Klik tombol “lanjutkan” yang tersedia kemudian klik”masuk ke rekening saya”.

cara-membuat-akun-paypal_3

7. Anda akan menemukan halaman untuk akun PayPal Anda setelah semua proses di atas selesai.

cara-membuat-akun-paypal_4

8. Lakukan konfirmasi melalui email Anda yang masih aktif. Anda akan mendapatkan link PayPal yang dikirimkan ke email Anda sehingga Anda bisa melakukan konfirmasi ke website PayPal secara langsung.

9. Klik link PayPal tersebut dan Anda akan menemukan halaman baru pada website PayPal. Anda kemudian akan diminta untuk login dengan memasukkan alamat email serta password yang telah Anda daftarkan sebelumnya.

10. Setelah proses login selesai, Anda kemudian akan diarahkan pada pertanyaan keamanan.

Pilih atau  isi kolom tersebut dengan pertanyaan yang mudah Anda ingat lalu klik tombol “kirimkan” yang tersedia pada bagian bawah.

11. Akun PayPal Anda sudah selesai dibuat. Sebelum menggunakan akun PayPal ini untuk berbagai transaksi online baik pembelian maupun penarikan dana, Anda harus melakukan verifikasi kartu kredit Anda terlebih dahulu.

Itulah mengapa kartu kredit menjadi syarat utama pembuatan akun PayPal.

Cara Verifikasi PayPal

Jika Anda memiliki akun PayPal yang telah diverifikasi atau verified akan sangat memudahkan Anda dalam akses yang seperti tanpa batas dalam jumlah transaksi yang dapat Anda lakukan, penarikan dana ke rekening bank Anda dan banyak fitur lainnya yang dapat Anda nikmati.

Pada awal kemunculan PayPal di Indonesia, verifikasi akun PayPal hanya dapat dilakukan dengan rekening bank namun kini verifikasi dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit yang hanya bisa digunakan di Indonesia.

Jika Anda tidak memiliki kartu kredit, Anda masih bisa melakukan verifikasi akun PayPal Anda dengan VCC (Virtual Credit card) sebagai pengganti kartu kredit.

Berikut langkah verifikasi akun payPal dengan menggunakan kartu kredit.

1. Jika pada saat membuat akun, Anda tidak mencentang pernyataan “link my credit card so I can start shopping right away(recommended)” maka Anda dapat langsung melakukan aktivasi akun PayPal Anda, bisa langsung masuk ke akun PayPal Anda.

cara-verifikasi akun-paypal_1

2. Kemudian klik link “hubungkan dan konfirmasi  kartu debet dan kartu kredit saya” pada menu yang tersedia di sebelah kanan.

3. Selanjutnya masukkan identitas kartu kredit Anda seperti nama Anda, jenis kartu kartu kredit, dan lainnya. Data yang Anda isi harus sama dengan data pada saat pembuatan kartu kredit.

4. Klik simpan dan lanjutkan yang tersedia pada bagian bawah.

5. Pada halaman konfirmasi kartu, silahkan konfirmasi data Anda, jika Anda rasa sudah benar, klik “lanjutkan”

6. Setelah sampai pada proses ini, silahkan tunggu 2 sampai 3 hari untuk mendapatkan 4 digit tagihan yang akan dikenakan ke kartu kredit Anda untuk melakukan verifikasi akun PayPal.

cara-verifikasi akun-paypal_5

Besarnya biaya verifikasi akun adalah 1.95 USD. Biaya ini nantinya akan dikembalikan atau ditambahkan ke akun Paypal Anda setelah proses verifikasi selesai dilakukan. Anda akan memiliki saldo awal pada akun PayPal Anda sebesar 1.95 USD.

7. Jika Anda sudah mendapatkan 4 digit kode tagihan, masukkan 4 digit kode tagihan PayPal (atau Anda juga bisa menanyakan melalui Call Center bank yang mengeluarkan kartu kredit Anda) lalu klik “kirimkan”.

8. Akun PayPal Anda sekarang sudah terverifikasi.

Mengingat tidak semua masyarakat di Indonesia memiliki kartu kredit karena proses dan persetujuan untuk mengeluarkan kartu kredit cukup susah ada beberapa cara lainnya untuk verifikasi akun Paypal Anda walaupun tidak begitu direkomendasikan.

Cara pertama adalah verifikasi akun PayPal dengan menggunakan bank lokal yang  tersedia di Indonesia. Namun cara ini hanya berlaku selama 1 tahun saja.

Terhitung sejak 13 April 2020 Paypal telah menonaktifkan layanan akun PayPal menggunakan Bank Lokal Indonesia.

Cara selanjutnya adalah verifikasi akun PayPal dengan menggunakan VCC (Virtual Credit Card) sebagai pengganti kartu kredit.

Berikut langkah-langkah melakukan verifikasi akun PayPal dengan menggunakan VCC:

1. Buka situs PayPal dan login dengan email dan password yang telah Anda daftarkan.

2. Setelah masuk ke halaman akun PayPal, akan muncul pilihan menu “hubungkan kartu/link a card”.

cara verifikasi paypal dengan VCC_1

3. Selanjutnya masukkan detail VCC yang Anda miliki seperti jenis kartu (mastercard/visa), nomor kartu yang terdiri dari 16 digit, kadaluarsa kartu sampai kode keamanan. Setelah semua detail VCC Anda terisi klik “simpan/save”.

cara verifikasi paypal dengan VCC_2

4. Setelah informasi mengenai VCC Anda tersimpan, VCC Anda baru berhasilkan dihubungkan dengan akun PayPal. Selanjutnya klik kartu VCC tersebut.

cara verifikasi paypal dengan VCC_3

5. Baca kembali data VCC Anda, jika sudah Anda pastikan benar silahkan klik “konfirmasi kartu/confirm credit card” untuk melakukan konfirmasi.

cara verifikasi paypal dengan VCC_4

6. Selanjutnya akan muncul halaman yang meminta Anda untuk memasukkan 4 digit kode untuk menyelesaikan verifikasi akun PayPal Anda. klik “OK”.

7. Jika proses konfirmasi VCC sudah selesai, Anda tinggal memasukkan 4 digit kode untuk menyelesaikan proses verifikasi PayPal. Lalu pilih “log out”

8. VCC atau 4 digit kode dapat Anda peroleh dari laporan kartu Anda atau layanan mobile yang tersedia di situs internet.

9. Setelah Anda mendapatkan 4 digit kode, login kembali ke akun Paypal Anda kemudian akan muncul tampilan dimana Anda diminta untuk memasukkan 4 digit kode.

cara verifikasi paypal dengan VCC_6

10. Masukkan kode tersebut lalu klik “kirim/submit”.

11. Akun PayPal Anda sudah bisa Anda gunakan.

cara verifikasi paypal dengan VCC_7

Cara verifikasi akun dengan menggunakan VCC tidak begitu direkomendasikan.

Sebenarnya, jika Anda tidak melakukan verifikasi akun PayPal Anda juga tidak masalah, akun PayPal Anda masih bisa digunakan namun transaksinya dibatasi.

Pembatasan dalam mengirim dana misalnya akumulasi 100 USD dan menerima dana akumulasi 500 USD saja.

Anda juga tidak dapat melakukan pembayaran di hampir semua merchant yang mendukung PayPal.

Selain itu, Anda juga tidak bisa melakukan penarikan dana langsung ke rekening bank lokal. Akan berbeda jika akun paypal Anda sudah terverifikasi.

Cara Menggunakan PayPal untuk belanja Online

Salah satu kegunaan PayPal adalah Anda dapat melakukan belanja secara online di berbagai merchant. Berikut beberapa langkahnya:

1. Masuk ke situs toko online atau e commerce luar negeri yang Anda tuju seperti Amazon atau eBay

2. Pilih barang yang ingin Anda beli lalu masukkan kedalam keranjang

3. Setelah selesai memilih barang yang Anda inginkan, lakukan checkout.

4. Pada menu pembayaran,pilih  dengan metode “pay with PayPal”

cara bayar pakai paypal

5. Masukkan akun PayPal Anda lalu lakukan konfirmasi pembayaran di email yang terhubung dengan akun Paypal.

6. Setelah konfirmasi, pembayaran selesai. Anda tinggal menunggu barang tersebut sampai ke rumah Anda.

Cara Menggunakan PayPal untuk Transfer uang ke Rekening Lain

Kegunaan lainnya dari memiliki akun PayPal adalah Anda dapat melakukan transfer uang dari akun PayPal Anda ke rekening lainnya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka situs Paypal, sebelumnya pastikan saldo PayPal Anda cukup untuk melakukan transfer uang. Jika saldo Anda tidak mencukupi, Anda dapat melakukan isi ulang saldo dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit.

2. Setelah berhasil masuk ke aplikasi, lakukan login dan klik “Send & Request”.

cara kirim uang di paypal_1

3. Pilih jenis pengiriman uang.

cara kirim uang di paypal_2

4. Isi alamat email penerima.

cara kirim uang di paypal_3

5. Masukkan nominal uang yang akan Anda transfer

cara kirim uang di paypal_4

6. Setelah semua data terisi, selanjutnya klik “send payment now”

cara kirim uang di paypal_5

7. Proses transfer uang ke rekening selesai.

8. Lengkap sudah panduan bagaimana cara menggunakan PayPal dari mulai daftar, verifikasi, cara belanja hingga mengirimkan uang ke teman. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Gravatar Image
Latest posts by Edwin (see all)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *