Cara Transfer Pulsa Telkomsel

  • Whatsapp

Setiap orang pasti pernah mengalami kehabisan pulsa tanpa disadari. Namun ketika akan mengisi pulsa, tidak ada counter pulsa, jauh dari ATM, tidak punya M-Banking, dan juga akses pembelian pulsa online terbatas.

Anda pernah mengalaminya juga? Saat darurat memang tidak dapat diduga sebelumnya. Kendati sekarang ini pembelian pulsa lebih mudah dan cepat, namun pembelian pulsa manual tetap bisa jadi andalan.

Anda pasti juga pernah mengalami kehabisan pulsa tengah malam, atau ketika berada di tempat yang jauh dari penjual pulsa. Atau hanya memerlukan pulsa yang tidak banyak untuk menelpon sebentar.

Kehabisan pulsa memang membuat panik, apalagi ketika butuh untuk menghubungi orang atau mengakses internet. Tak perlu khawatir ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut.  

Jika Anda mengalami masalah demikian, maka Anda bisa melakukan transfer pulsa antar pengguna. Tentunya, transfer pulsa bisa dilakukan hanya antar pengguna provider yang sama, misalnya saja sesama pengguna Telkomsel.

Layanan transfer pulsa bisa dilakukan antar teman atau keluarga. Ini bisa dilakukan kapan pun. Namun perlu diketahui transfer pulsa antar pengguna tidak akan memperpanjang masa aktif.  Hanya membantu saat Anda berada dalam keadaan darurat saja.

Setiap provider pasti memiliki layanan transfer pulsa antar pengguna. Layanan ini sudah lama ada dan banyak digunakan oleh para pengguna. Termasuk juga Telkomsel, provider telekomunikasi terbesar di Indonesia ini juga memiliki layanan transfer pulsa.

Jadi, bagi Anda pengguna Telkomsel tak perlu khawatir. Sebab Anda bisa menggunakan fasilitas ini dengan sesama pengguna.

Cara Transfer Pulsa Telkomsel

Jika belum pernah menggunakan layanan transfer pulsa, berikut adalah cara untuk mentransfer pulsa antar sesama pengguna Telkomsel, cekidot.

Menggunakan Menu USSD *858#

Jika Anda ingin mentransfer pulsa untuk keluarga, teman, atau orang tersayang bisa menggunakan cara dial  USSD dengan menekan tombol *858# pada ponsel Anda. Mudah bukan? Berikut ini langkah detailnya.

  • Anda bisa masuk terlebih dahulu ke menu panggilan yang ada di ponsel.
  • Kemudian tekan *858# kemudian tekan tombol OK/Panggil/Call.
  • Akan muncul beberapa pilihan layanan, Anda bisa memilih angka 1 transfer pulsa.
  • Kemudian masukkan nomor tujuan yang akan Anda transfer pulsa.
  • Jika sudah selesai Anda bisa menuliskan nominal pulsa yang akan Anda transfer.
  • Pihak Telkomsel akan mengonfirmasi kembali bahwa Anda akan mentransfer pulsa ke nomor dan nominal yang telah Anda masukkan sebelumnya. Anda bisa memilih kembali nomor 1, yang artinya Anda benar akan mentransfer pulsa. Jadi pastikan ya bahwa nomor ponsel tujuan dan nominal pulsa sesuai.
  • Tunggu beberapa saat, Anda akan mendapatkan konfirmasi transfer pulsa yang Anda lakukan berhasil atau tidak.

Baca juga: Cara mudah cek kuota Telkomsel, Cara transfer pulsa Indosat, Cara cek nomor Telkomsel.

Melalui Layanan SMS

Anda juga bisa menggunakan layanan pesan pendek atau SMS untuk mentransfer pulsa. Caranya cukup mudah untuk dipraktikkan. Berikut ini caranya.

  • Buka fitur SMS pada ponsel Anda.
  • Kirim SMS dengan format TPULSA (spasi) nominal pulsa yang akan ditransfer. Contoh: TPULSA 10 (untuk transfer pulsa dengan nominal Rp 10 ribu).
  • Lalu kirim ke nomor tujuan. Format tersebut di atas, kemudian kirim ke nomor tujuan. Contoh TPULSA 10 kirim ke 081234567890.
  • Tunggu beberapa saat, Anda akan mendapatkan konfirmasi transfer pulsa. Jangan lupa cek dulu nominal transfer dan nomor tujuan. Jika sudah sesuai Anda dapat membalas pesan dengan YA/YES, kemudian kirim kembali ke nomor konfirmasi. Cukup mudah dimengerti ya bagaimana cara mentransfer pulsa melalui fitur SMS yang Anda miliki.

Melalui Panggilan DIAL

Cara-Transfer-pulsa-telkomsel

Selain kedua cara tersebut, Anda juga bisa melakukan transfer pulsa melalui panggilan DIAL. Ini bisa digunakan untuk Anda yang malas atau kesulitan menghafal urutan mentransfer pulsa. Ini dia cara mentransfer pulsa melalui pesan DIAL:

  • Masuk terlebih dahulu ke menu panggilan yang ada di ponsel Anda.
  • Tekan *858*nominal yang akan dikirim# (contoh: *858*20#)  kemudian tekan OK/panggilan/dial.
  • Anda akan mendengarkan panduan, langkah selanjutnya untuk mentransfer pulsa.
  • Konfirmasikan kembali dengan mengetik *858*20*08123456789# kemudian tekan OK kembali.
  • Tunggu beberapa saat, pihak Telkomsel akan memberikan informasi prses transfer pulsa Anda berhasil atau tidak. 

Nah, itu dia cara-cara yang dapat Anda gunakan jika ingin mentransfer pulsa Telkomsel ke sesama pengguna Telkomsel.

Sebagai informasi, transfer pulsa ini bisa digunakan untuk sesama pengguna Telkomsel, AS, dan Loop. Namun tidak bisa digunakan untuk pengguna Telkomsel pascabayar, Kartu Halo. Jadi sebelum mentransfer pulsa pastikan dulu ya, jenis kartu apa yang digunakan.

Dari ketiga cara tersebut mana yang menurut Anda paling mudah digunakan? Agar tahu dan bisa memilih, Anda boleh mencoba cara menteansfer pulsa tersebut satu per satu.

Pastinya transfer pulsa ini digunakan pada kondisi darurat, dan Anda membutuhkan waktu yang cepat untuk mengisi pulsa.  

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mentransfer Pulsa

Sebelum mentransfer pulsa ke orang lain atau Anda meminta orang lain untuk mentrasfer pulsa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Sepertinya sepele, namun jika diabaikan bisa jadi Anda kerepotan ketika proses mentransfer pulsa. Jadi jangan lupakan hal-hal berikut ini ya.

Pulsa Cukup

Cek dulu pulsa Anda, sebelum Anda mentransfer pulsa untuk orang lain. Memang tidak ada jumlah minimal dalam mentransfer pulsa. Jadi jangan sampai pulsa Anda kurang dan proses transfer pulsa gagal.

Ada Biaya Transfer

Perlu Anda ketahui juga bahwa transfer pulsa antar pengguna itu ada biaya juga lho.  Besarannya tergantung nominal pulsa yang ditransfer.

Untuk Telkomsel, nominal transfer Rp 5.000-Rp 19.000 dikenai biaya transfer Rp 1.850 per transaksi. Sedangkan untuk nominal transfer di atas Rp 20.000, dikenai biaya transfer Rp 2.000 per transaksi.  

Ada Batas Minimal Transfer

Dalam sehari, Anda bisa mentransfer sampai dengan 250 transaksi. Namun perlu diperhatikan, batas nominal pulsa yang harus Anda punya setelah transfer adalah Rp 2.000.

Apabila proses transfer pulsa gagal, cek terlebih dahulu sisa pulsa yang Anda punya. Siapa tahu nominal pulsa Anda memang sudah di bawah limit.

Catat Nomor Tujuan Transfer

Agar Anda tidak bolak balik membuka dan mengganti fitur di ponsel, Anda bisa menyalin atau mencatat terlebih dahulu nomor tujuan transfer.

Ini akan memudahkan bagi Anda yang akan melakukan transfer pulsa. Anda tak perlu repot membuka dan mengganti menu di ponsel.

Demikian cara mentransfer pulsa Telkomsel dan juga hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mentransfer pulsa.

Layanan transfer pulsa ini bisa dilakukan bukan hanya bagi pengguna smartphone saja, pengguna ponsel biasa juga bisa melakukan transaksi transfer pulsa.

Kendati zaman sudah serba digital seperti sekarang ini transfer pulsa masih dibutuhkan lho di saat darurat. Apalagi ketika akan menelpon sebentar, namun pulsa tidak mencukupi.  Selamat mencoba cara transfer pulsa Telkomsel.

Gravatar Image
Latest posts by Edwin (see all)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *