Cara Transfer Pulsa Indosat

  • Whatsapp

Kehabisan pulsa saat genting adalah hal yang paling tidak menyenangkan. Padahal sedang berada jauh dari penjual pulsa.

Internet pun tak dapat diakses, sehingga tidak mungkin bertransaksi menggunakan m-banking ataupun marketplace untuk membeli pulsa.  

Belum lagi ditambah sinyal yang tidak stabil. Tentu saja membuat komunikasi jadi terhambat.

Kondisi lain adalah ketika akan menelepon sebentar tiba-tiba saja pulsa habis, untuk mengisi pulsa di counter atau melalui ATM tak memungkinkan.

Anda juga mungkin terjebak dalam situasi kehabisan pulsa ketika sudah malam dan tak mungkin keluar rumah. Sementara tidak memiliki akses untuk membeli pulsa secara online.

Kejadian ini mungkin tidak menimpa Anda, akan tetapi kerabat Anda yang mendadak kehabisan pulsa. Lalu apa yang harus dilakukan?

Jika Anda terjebak pada kondisi seperti itu, langkah yang bisa dilakukan adalah melakukan transfer pulsa antar sesama pengguna.

Hampir semua provider memiliki fasilitas transfer pulsa, termasuk Indosat, salah satu provider yang sudah lama berada di Indonesia.

Jadi salah satu keuntungan transfer pulsa adalah sebagai penyelamat di saat darurat.

Transfer pulsa ini bisa digunakan di saat darurat. Anda juga bisa menolong kawan atau keluarga yang sedang kehabisan pulsa dan tidak bisa mengakses pembelian pulsa secara online.

Hampir semua provider telekomunikasi memiliki kayanan transfer pulsa antar pengguna. Termasuk juga Indosat, salah satu provider telekomunikasi paling lama di Indonesia.

Layanan transfer pulsa ini memang sudah lama dimiliki Indosat. Anda tidak harus menggunakan smartphone untuk melakukan transfer pulsa. Layanan ini bisa digunakan oleh pengguna dengan semua tipe ponsel.

Menyenangkan kan? Artinya Anda tidak perlu akses internet agar dapat menransfer pulsa.

Transfer pulsa Indosat bisa dilakukan oleh sesama pengguna kartu Indosat Ooredo, IM3 dan Mentari.

Selain itu pengguna Indosat Pascabayar juga bisa membagikan pulsa untuk pelanggan kartu Indosat lainnya.

Baca juga: Cara cek kuota Indosat, Cara cek kuota XL, Cara cek Pulsa XL.

Hal yang Perlu diketahui Saat Transfer Pulsa Indosat

Sebelum melakukan transfer pulsa antar pengguna, ada baiknya Anda ketahui dulu hal-hal berikut ini:

Masa Aktif Kartu

Apabila Anda ingin melakukan transfer pulsa, Anda harus memastikan bahwa nomor yang Anda gunakan untuk menransfer pulsa telah aktif paling tidak 180 hari atau kira-kira enam bulan.

Ini berlaku untuk pengirim dan juga penerima transfer pulsa.  

Pulsa Minimal

Anda bisa berbagi pulsa sampai dengan Rp 200.000 per hari. Jangan lupa cek pulsa Anda sebelum melakukan transfer pulsa.

Pastikan sisa pulsa yang Anda miliki setelah menransfer pulsa ke pengguna lain sebesar Rp 5.000.

Menambah Masa Tenggang

Penting juga untuk diketahui, proses transfer pulsa secara otomatis juga akan menambah masa tenggang si penerima paling lama 30 hari, tergantung dari besaran pulsa yang dikirim.

Bagi pengirim tak perlu skhawatir, kendati menransfer pulsanya ke pengguna lain tidak akan mengurangi masa tenggang kartu yang dia gunakan.

Kecuali bagi pengguna matrix atau Indosat pascabayar, tentu saja hanya bisa sebagai pengirim pulsa, bukan penerima pulsa.

Setelah Anda pastikan bahwa pulsa Anda cukup dan masa aktif kartu Anda lebih dari 180 hari, barulah Anda berbagi pulsa dengan orang lain.

Berikut ini cara untuk menrasnfer sesama pengguna Indosat.

Transfer Melalui SMS

Cara pertama yang bisa dipakai untuk menransfer pulsa ke sesama pengguna Indosat adalah menggunakan SMS.

Tidak sedikit orang yang kerap lupa cara menransfer pulsa melalui SMS. Berikut ini caranya.

  • Buka fitur SMS pada telepon selular Anda.
  • Masukkan 151 pada kolom nomor telepon.
  • Nah, perhatikan ini baik-baik kirim SMS dengan format sebagai berikut:

TRANSFERPULSA(spasi)nomor tujuan(spasi)nominal.

Misal: TRANSFERPULSA 081567890 10000.  

Cara Tranfer Pulsa Indosat
  • Kirim ke 151, sesuai dengan nomor yang Anda masukkan sebelumnya.
  • Tunggu beberapa saat, Anda akan mendapatkan konfirmasi dari Indosat, bahwa Anda akan menransfer pulsa dengan nominal yang Anda masukkan sebelumnya. Jangan lupa pastikan bahwa nominal dan nomor tujuan Anda benar.
  • Dalam SMS konfirmasi tersebut, Anda juga akan mendapatkan token yang berisi 4 digit. Bisa terdiri dari angka saja atau perpaduan antara huruf dan angka. Anda akan diminta memasukkan token tersebut dengan format sebagai berikut.

OK(spasi)token kirim ke 151. Misal kode token yang Anda dapatkan adalah f563, berarti Anda masukkan dengan format berikut: OK f563 dan kirim ke 151.

  • Anda akan mendapatkan konfirmasi jika permintaan Anda untuk transfer pulsa telah berhasil. Apabila proses Anda salah ketik, atau salah memasukkan panduan, secara otomatis akan ada pemberitahuan dari Indosat.
  • Sebagai informasi, setiap kali Anda melakukan transaksi transfer pulsa, ada biaya transfer, yaitu Rp 600 untuk setiap kalo transaksi.

Melalui USSD Atau UMB

Selain melalui SMS, Anda juga bisa melakukan transaksi transfer pulsa melalui USSD atau UMB. Ini merupakan cara transfer pulsa dalam satu langkah.

Praktis, namun Anda harus menghafal urutan kode yang digunakan untuk melalukan transaksi transfer pulsa.  Jika Anda akan melakukan transaksi transfer pulsa sekarang, catat langkah-langkahnya.

Jadi tidak perlu bolak-balik membuka tutup browser untuk memastikan bahwa langkah yang Anda lakukan sudah tepat.

Perhatikan dengan baik ya.

Untuk pengguna kartu Im3 dan mentari.

  • Buka menu telepon Anda.
  • Kemudian tekan *123*151#.  
Transfer Pulsa melalui USSD
  • Akan ada balasan dari info operator, yang berisikan: ”Sobat Anda krisis pulsa, transfer aja pulsa kamu ke mereka”. Dalam info operator tersebut juga terdapat keterangan bahwa maksimal transfer adalah Rp 200.000 dengan biaya transfer Rp 600 per transaksi.
Transfer Pulsa Indosat
  • Jika benar, maka pilihlah angka 1.
  • Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan nomor tujuan transfer. Masukkan dengan benar, jangan sampai keliru digit atau salah nomor tujuan. Tekan kirim.
  • Selanjutnya akan ada pilihan nominal pulsa yang akan ditransfer. Masukkan dalam bentuk pecahan ribuan ya. Misalnya 5000 (tanpa titik) atau 10000. Tekan OK atau kirim.
  • Kemudian akan ada pemberitahuan berupa konfirmasi bahwa Anda akan melakukan transfer pulsa, ke nomor yang Anda tuju dan juga nominal. Cek sekali lagi bahwa nomor tujuan dan nominal transfer sudah tepat. Tekan kirim atau OK.
  • Tunggu beberapa saat, Anda akan mendapatkan pemberitahuan proses transfer Anda sudah berhasil atau belum melalui SMS yang dikirim ke nomor Anda.
  • Transaksi berhasil dan Anda sudah bisa berbagi pulsa degan orang-orang tersayang.

Demikian cara atau langkah yang bisa dilakukan ketika Anda lakukan jika akan menransfer pulsa ke orang lain.

Pilih cara yang paling nyaman untuk dilakukan, tentunya juga paling mudah diingat karena tidak sedikit yang berulangkali membuka cara untuk menransfer pulsa Indosat. 

Dari dua cara di atas kira-kira mana yang paling nyaman buat Anda? Jika sebelumnya Anda belum pernah melakukan transaksi transfer pulsa, disarankan untuk mencoba keduanya.

Anda akan mengetahui cara pertama atau kedua yang paling praktis dan mudah dihafalkan. Selamat mencoba cara transfer pulsa Indosat.

Gravatar Image
Latest posts by Edwin (see all)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *