Cara menggunakan WhatsApp Web di PC, Laptop dan Android

Pembaca tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Whatsapp bukan?  Saya yakin semuanya sudah pernah menggunakannya. Bagi pengguna Android, Anda bisa mendapatkan aplikasi WhatsApp Messenger ini dengan mudah di google Play Store. Sedangkan bagi pengguna Iphone Anda dapat dengan mudah mengunduhnya di App Store.

Selama ini kita sering menggunakan whatsapp di sebagai alat komunikasi di smartphone. Tapi tahukah Anda bahwa Whatsapp tidak hanya bisa digunakan sebagai messenger di smartphone, tetapi juga bisa digunakan di Laptop, PC atau Tablet. 

Read More

Saat di kantor atau sedang berada di depan PC atau laptop, Anda akan lebih nyaman membuka WhatsApp melalui PC atau laptop. Tujuannya adalah agar kita tidak bolak-balik melihat layar smartphone dan laptop secara bergantian. Selain itu juga kita bisa lebih mudah mengirim berbagai macam file via Whats App Web.

Lalu apakah Anda sudah terbayang bagaimana menggunakan WhatsApp di PC atau Laptop? Aplikasi apa yang digunakan untuk berkirim pesan? Apakah fitur yang ada sama dengan aplikasi pada Smartphone? 

Sebagai jawaban pertanyaan di atas silahkan lanjutkan membaca artikel simpliways kali ini! 

Apa itu Whatsapp Web?

Whatsapp Web adalah aplikasi yang disediakan penyedia layanan whatsapp yang bisa diakses melalui Internet atau via Web.

Jadi, intinya Anda akan dapat terhubung dengan whatsapp melalui browser.

Sebenarnya Anda bisa membuka WhatsApp web ini di semua perangkat yang bisa menggunakan browser baik itu di PC, Laptop, tablet termasuk di smartphone.

Untuk dapat menggunakan Whatsapp versi web di PC atau Laptop, berikut hal yang perlu Anda persiapkan:

Prasyarat Menggunakan Whatsapp Web

Koneksi Internet

Pastikan Laptop atau PC Anda terhubung dengan internet yang memiliki koneksi stabil. Selain itu pastikan juga Smartphone Anda terkoneksi dengan jaringan internet selama penggunaan Whatsap Web. 

Browser yang Mendukung

Untuk dapat menggunakan aplikasi whatsapp web, Anda membutuhkan browser yang biasanya sudah terinstall di PC atau Laptop. Gunakan browser terbaru karena biasanya sudah otomatis kompatible. 

Browser yang lazim digunakan untuk mengakses whatsapp web adalah Firefox, Chrome, Edge (untuk Windows), Opera atau lainnya. 

Smartphone Android atau Iphone yang sudah terinstal aplikasi Whatsapp Messenger

Untuk dapat menginstal aplikasi whatsapp pada Smartphone Android, Anda perlu memiliki sistem android minimal versi 4.0.3+. Pada IPhone, Anda perlu memiliki sistem operasi IOS 8.1+.

Kamera QR Code

Smartphone Anda juga tentunya perlu memiliki kamera belakang untuk proses pemindaian kode QR (QR Code). 

Akun WhatsApp Aktif di Smartphone

Selanjutnya pastikan Anda telah memiliki akun whatsapp aktif dan telah login menggunakan akun Anda pada Smartphone Anda. 

Login Whatsapp Web dari Laptop atau PC

Untuk membuka whatsapp dari laptop atau PC, Anda cukup melakukan cara berikut:

  • Pastikan Smartphone Anda dalam kondisi on selama menggunakan WhatsApp Web dan aplikasi WhatsApp Messengger yang terinstal di Smartphone dalam kondisi aktif atau sedang login.
  • Akses halaman WhatsApp Web dari PC atau laptop di: https://web.whatsapp.com/
Whatsapp Web
  • Scan QR Code yang tertera pada web dengan aplikasi WhatsApp Messengger dengan cara: Akses menu titik tiga pada sudut kanan atas aplikasi WhatsApp Messengger Anda. Buka menu WhatsApp Web.
Cara gunakan Whatsapp Web

Arahkan layar Smartphone pada QR code yang tertera di layar PC atau laptop Anda.

QR Code Whatsapp
  • Secara otomatis WhatsApp Web akan login sesuai login yang Anda gunakan di aplikasi WhatsApp Messengger di Smartphone Anda.
  • Sekarang Anda dapat memantau pesan WhatsApp melalui PC/laptop.
  • WhatsApp Web Anda akan tetap aktif atau on selama WhatsApp Messengger di Smartphone Anda tetap nyala (on).

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Melakukan Chatting

Setelah login WhatsApp Web di laptop, Anda tentu ingin ngobrol dengan rekan Anda di WhatsApp bukan?

Caranya sangat mudah. Tidak berbeda dengan menggunakan WhatsApp di Smartphone, Anda hanya perlu meng-klik pada salah satu teman yang ingin Anda ajak ngobrol pada pagian kiri atau mencari nama teman dengan mengklik fitur search di bagian kiri atas.

Setelah di-search, klik pada salah satu rekan Anda, kemudian akan muncul layar chatting di bagian kanan. Silahkan ketikkan obrolan Anda dan kirim pesan. Gampang kan?

Voice Recording

Anda bisa merekam suara Anda pada WhatsApp Web. Sebelumnya, Anda perlu memastikan microphone Anda sudah nyala atau sudah terhubung.

Setelah terhubung dengan microphone, pilih salah satu teman yang ingin Anda kirim suara, pada halaman chatting klik simbol voice recording yang pada bagian kanan bawah.

Voice Recording pada WhatsApp Web

Setelah itu, klik OK, I GOT IT dan klik Allow pada bagian kiri atas. Secara otomatis Voice Recording sudah bisa Anda gunakan.

Mengirim Gambar dan File Lainnya

WhatsApp Web menyediakan fitur bagi Anda agar bisa berkirim file seperti image, video, dokumen, dan kontak. Cara berkirim file sangat mudah.

Klik teman WhatsApp yang ingin dikirimkan file gambar atau lainnya. Pada halaman chatting, klik simbol peniti yang ada di bagian bawah agak ke tengah kiri.

File WhatsApp Web

Secara otomatis akan muncul beberapa pilihan untuk mengirim video, gambar, dokumen, ataupun kontak. Pilih salah satunya sesuai kebutuhan Anda. Anda akan di arahkan ke tempat penyimpanan di lokal komputer Anda untuk memilih file. Caranya mudah kan?

Melihat Status

WhatsApp memiliki fitur untuk melihat dan mengubah status. Status di WhatsApp bisa berupa tulisan, gambar, atau video. Anda juga bisa melihat status tersebut di WhatsApp Web.

Namun, WhatsApp web memiliki keterbatasan. Anda hanya bisa melihat status teman dengan menggunakan WhatsApp Web. Namun tidak dapat mengubah atau mengupdate status di WhatsApp Web.

Untuk keperluan Update status, Anda hanya bisa melakukannya melalui aplikasi WhatsApp di Smartphone.

Untuk melihat status di WhatsApp Web, beginilah caranya:

Klik simbol status pada bagian atas agak ke kiri.

Status WhatsApp Web

Setelah masuk ke halaman status, Anda akan mendapatkan list teman WA Anda pada bagian sebelah kiri. Klik salah satu teman WA yang ingin Anda lihat statusnya.

Status teman WA Anda akan ditampilkan full screen di browser Anda.

Begitulah cara melihat status teman WA Anda di WhatsApp Web. Cepat dan simpel.

Mengaktifkan Fitur Dark Mode

Fitur Dark Mode sangat banyak diminati oleh para penggunanya karena warna gelap yang mendominasi membuat tampilan WhatsApp Web Anda terlihat berkelas. Fitur ini juga diduga lebih baik untuk kesehatan mata Anda.

Keuntungan lainnya yang dapat Anda peroleh dari fitur ini adalah daya konsumsi baterai laptop Anda yang lebih hemat karena pencahayaan yang dihasilkan diminimalisir. Berikut cara mengaktifkan dark mode di aplikasi WhatsApp Web.

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah, masuk ke akun WhatsApp Web seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Selanjutnya, ketuk ikon tiga titik yang berada di dekat profil Anda lalu pilih opsi setting (pengaturan)
Dark mode WhatsApp Web
  • Akan muncul pilihan theme, ketuk theme lalu akan tersedia pilihan light mode dan dark mode.
Dark Mode WhatsApp Web

Pilih opsi dark mode untuk mengaktifkan mode gelapnya.

Cara Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp Web
  • Klik ok dan tampilan WhatsApp Web Anda otomatis akan berubah menjadi gelap.
Fitur WhatsApp Web

Ternyata cara mengaktifkan dark mode sangat mudah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Logout dari WhatsApp Web

Jangan lupa untuk logout sebelum Anda meninggalkan komputer Anda. Cara logout dari WhatsApp Web sebagai berikut: Klik menu titik tiga bagian atas kiri, klik Log Out.

Logout WhatsApp Web

Selain melalui WhatsApp Web di laptop atau PC, Anda juga bisa melakukan laptop melalui Smartphone Anda dengan cara memilih logout. Secara otomatis WhatsApp yang Anda akses lewat web ikut logout juga.

Membuka Aplikasi WhatsApp Web melalui Tablet

Seperti telah dijelaskan di atas aplikasi WhatsApp Web dapat dibuka di semua perangkat yang menggunakan web browser.

Yang penting Anda memiliki 2 perangkat yang berbeda, yang pertama perangkat Smartphone yang sudah terinstall aplikasi WhatsApp Messenger, dan yang kedua aplikasi yang memiliki browser untuk mengakses WhatsApp Web (bisa PC, Laptop, Smartphone, Tablet atau lainnya).

Untuk membuka WhatsApp Web melalui Tablet Anda, bisa dengan dilakukan dengan cara berikut:

  • Anda memiliki 2 perangkat yang berbeda. Yang pertama (misal A) merupakan perangkat smartphone yang telah terinstal aplikasi WhatsApp Messenger (dalam keadaan on) dan yang kedua (misal B) Tablet yang terinstall browser untuk membuka WhatsApp Web.
  • Sebaiknya gunakan browser Google Chrome sesuai dengan yang saya gunakan. Pertama, pada Tablet buka Google Chrome, lalu klik pada titik tiga di sudut kanan atas. Ubah tampilan browser ke Desktop dengan mengklik menu Situs desktop. Pastikan dalam keadaan tercentang.
Menu Whatsapp Web
  • Akses halaman WhatsApp Web dengan browser pada Tablet (cara mengakses bisa dilihat di sini).
  • Dengan menggunakan Smartphone yang telah terinstall aplikasi WhatsApp Messengger, Scan QR code pada layar Tablet.
  • Akses menu titik tiga pada sudut kanan atas aplikasi WhatsApp Messengger Anda. Buka menu WhatsApp Web.
  • Arahkan Smartphone pada QR code yang tertera di layar Tablet Anda.
Scan Whatsapp
  • Secara otomatis Tablet Anda dapat login ke WhatsApp Web menggunakan login yang sama dengan akun Anda pada Smartphone.

Bagaimana Jika Smartphone Anda tertinggal di rumah?

Jika suatu saat Smartphone Anda tertinggal di rumah saat Anda berada di kantor, Anda masih bisa berkomunikasi melalui WhatsApp Web. Berikut triknya:

  • Akses WhatsApp Web dari laptop Anda di kantor (lihat caranya di sini).
  • Minta orang rumah (isteri, saudara atau siapa saja) mengambil dan menyiapkan Smartphone Anda yang tertinggal. Syarat aplikasi WhatsApp messengger pada Smartphone tersebut harus aktif.
  • Minta juga orang rumah untuk menyiapkan Smartphone lainnya atau Smartphone mereka sendiri (misal HP 2) untuk siap berkirim pesan WhatsApp. 
  • Pinjam Smartphone teman di kantor Anda (misal HP 1).
  • Gunakan WhatsApp Messengger pada Smartphone teman kantor Anda untuk memfoto QR code yang telah Anda buka pada laptop (ingat! mem-foto ya, bukan men-scan!).
  • Kirim foto QR code ke orang rumah via WhatsApp (HP 1 kirim ke HP 2).
  • Minta orang rumah untuk menscan gambar QR code yang dikirim via WhatsApp menggunakan Smartphone Anda yang tertinggal (caranya sama dengan scan untuk WhatsApp di atas). Secara otomatis Anda akan login di WhatsApp Web.
  • Selama Smartphone di rumah Anda tetap nyala, maka Anda masih dapat berkomunikasi via WhatsApp melalui laptop Anda di kantor.

Gambar prosesnya seperti di bawah ini:

WhatsApp Web

Download Aplikasi WhatsApp di PC atau Laptop

Selain dengan menggunakan browser pada PC atau laptop, Anda juga dapat menggunakan WhatsApp di PC atau laptop dengan menggunakan aplikasi WhatsApp yang dapat anda download langsung pada halaman berikut ini:

Download aplikasi Whatsapp di PC

Syarat untuk menggunakan aplikasi, Anda menggunakan minimal Operating System Mac OS X 10.10 atau Windows 8.  

Cara menggunakannya:

  • Setelah aplikasi didownload, jalankan file exe untuk menjalankan proses instalasi.
  • Lanjutkan sampai selesai. Setelah selesai Anda akan kembali diberikan QR code untuk discan melalui Smartphone Anda.
  • Lakukan scan dengan cara yang sama seperti menggunakan WhatsApp Web.
  • Selesai.

Penggunaaan aplikasi whatsApp pada PC ini pada prinsipnya hampir sama dengan penggunaan pada aplikasi WhatsApp Web.

Saya merekomendasikan Anda menggunakan versi web karena tidak perlu melakukan proses instalasi yang hanya akan menambah space hardisk Anda dan menambah berat kerja PC atau laptop Anda.

Semoga cara-cara di atas bermanfaat untuk mempermudah kegiatan Anda. Selamat mencoba!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.