Cara Menggunakan Zoom untuk Meeting Online di Smartphone dan PC

  • Whatsapp

Di masa yang belum pernah terjadi sebelumnya ini, banyak dari kita yang menghabiskan lebih dari sekedar beberapa jam untuk mencari cara menggunakan zoom.

Untuk mempermudah proses menggunakan Zoom, kami telah menyusun panduan cara penggunaan aplikasi ini dan beberapa fitur unik yang dapat Anda aplikasikan.

Cara Menggunakan Zoom di Perangkat Smartphone

1. Unduh aplikasi Zoom sesuai dengan perangkat ponsel pintar Anda. Untuk Anda pengguna Android unduh aplikasi Zoom di Google Play sementara pengguna iOS dapat mengunduh aplikasi ini di App Store.

2. Setelah pengunduhan selesai, buka aplikasi Zoom dan buat akun baru (Sign Up) untuk Anda yang belum pernah punya akun Zoom sebelumnya.

cara menggunakan zoom di hp_1 (1)

Bagi Anda yang telah punya akun Zoom sebelumnya dapat memilih opsi Sign In dan langsung melompat ke step nomor 5.

3. Proses pembuatan akun baru akan membutuhkan proses pengisian email, nama depan dan nama belakang.

cara menggunakan zoom di hp_1 (2)

Setelah proses ini selesai, Anda perlu mengonfirmasi akun baru ini dengan klik link verifikasi yang dikirimkan Zoom ke email Anda.

cara menggunakan zoom di hp_1 (5)

4. Proses di step ketiga akan membawa Anda ke halaman browser dimana Anda akan diminta untuk mengisi kata sandi ke akun yang telah Anda buat tadi.

cara menggunakan zoom di hp_1 (3)

Pastikan untuk memilih kata sandi yang kuat dengan menggabungkan kombinasi huruf kecil dan besar serta angka. Jika tidak ada masalah pada tahap ini, Anda seharusnya telah akan memiliki akun Zoom yang aktif.

Untuk mengeceknya, buka aplikasi Zoom dan masukkan email dan kata sandi yang telah Anda buat.

cara menggunakan zoom di hp_1 (6)

5. Setelah selesai Sign In, Anda akan menemukan empat opsi yakni New Meeting, Join, Schedule dan Share Screen. Pilih opsi New Meeting untuk memulai sesi baru.

cara menggunakan zoom di hp_1 (7)

Menekan opsi New Meeting akan membawa Anda pada layar untuk kostumisasi New Meeting. Toggle opsi Video On dan Personal Meeting ID sesuai kebutuhan Anda. Setelahnya tekan Start Meeting.

cara menggunakan zoom di hp_1 (8)

6. Pada tahap ini Anda seharusnya dapat melihat muka Anda (Jika fitur Video On dihidupkan) di layar ponsel pintar Anda. Langkah selanjutnya adalah untuk mengundang partisipan lain.

cara menggunakan zoom di hp_1 (9)

7. Tekan menu Participants dan pilih invite. Zoom menyediakan beberapa fitur undangan yang dapat Anda pilih.

cara menggunakan zoom di hp_1 (10)

8. Zoom juga memberikan opsi kostumisasi yang cukup banyak selama conference call berlangsung seperti mengontrol output suara, lock share, lock meeting dll.

cara menggunakan zoom di hp_1 (11)

 Cara Menggunakan Zoom di PC

1. Hal yang paling pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Zoom Meeting yang tersedia untuk platform OS Mac, Windows, Linux, iOS, dan Android.

Cara Menggunakan Zoom di PC_1

2. Jika Anda belum memiliki akun zoom, buka link zoom.us dan pilih Sign Up. Masukkan alamat email dan setelahnya langsung lakukan aktivasi akun dengan membuka link yang dikirim zoom ke email yang didaftarkan tadi.

Cara Menggunakan Zoom di PC_2

3. Setelah proses pendaftaran selesai, Sign In ke aplikasi Zoom Meeting dengan email dan password yang telah Anda buat di step sebelumnya.

4. Masuk ke dalam aplikasi Zoom Meeting dan klik Start untuk memulai conference call.

Cara Menggunakan Zoom di PC_3

Anda juga dapat menggunakan fitur Invite Others untuk mengundang peserta lain untuk bergabung ke conference call yang telah Anda buat.

Cara Menggunakan Zoom di PC_4

5. Setelah semua peserta masuk, Anda dapat menggunakan fitur Lock Meeting untuk menambah tingkat keamanan dan mencegah mereka yang tidak diundang bergabung ke conference call Anda.

Cara Menggunakan Zoom di PC_5

6. Zoom Meeting juga memiliki opsi Record yang memberi keleluasaan untuk merekam conference call yang telah Anda buat.

7. Setelah conference call berakhir, Anda sebagai host dapat meninggalkan meeting tersebut atau menyerahkan opsi host ke peserta lain dengan klik End Meeting.

Cara Menggunakan Zoom di PC_6

Fitur Unik dalam Cara Menggunakan Zoom

Cara mengubah latar belakang

Menggunakan gambar latar belakang pada Zoom adalah cara mudah untuk membuat obrolan Anda lebih menyenangkan dan meriah, atau hanya untuk menyembunyikan ruangan yang berantakan.

Untuk mengubah latar belakang Anda dalam aplikasi Zoom, klik panah ^ di sebelah tombol Mulai / Hentikan Video. Klik Pilih Latar Belakang. Anda dapat memilih latar belakang yang sudah dibuat sebelumnya atau mengklik tombol + untuk mengunggah latar belakang yang baru.

Latar belakang Zoom baru Anda akan muncul di video Anda segera setelah Anda memilihnya.

Memutar musik di Zoom

Selain dapat membagikan layar, Anda juga dapat membagikan audio Anda. Untuk melakukannya, klik tombol Share Screen.

Klik Share Computer Sound di bagian bawah jendela pop-up dan klik Share. Untuk berhenti berbagi, klik Stop Share di bagian atas layar Anda.

Mengirim emoji reaksi

Dalam pertemuan tatap muka, sangatlah mudah untuk memberi presenter tanda bahwa Anda menyukai apa yang mereka katakan. Di Zoom Meeting, ekspresi ini sedikit lebih menantang.

Untungnya, Zoom memungkinkan Anda untuk memberikan umpan balik melalui emoji. Klik tombol Reactions di bagian bawah pertemuan Anda untuk mengirim tepuk tangan atau jempol ke atas.

Emoji ini akan muncul di layar selama lima detik sebelum menghilang.

Mengaktifkan Touch Up My Appearance

Tips cara menggunakan Zoom selanjutnya adalah cara menggunakan fitur Touch Up My Appearance yang “memperbaiki tampilan video dengan fokus yang lembut,” yang dapat “menyajikan tampilan yang terlihat lebih halus saat Anda menampilkan video Anda kepada orang lain.”

Untuk mencobanya, klik panah di sebelah tombol Stop / Mulai Video. Klik Pengaturan Video dan centang kotak yang bertuliskan Touch Up My Appearance.

Tentunya, Anda perlu memastikan bahwa Anda menyukai efeknya sebelum Anda memasuki pertemuan apa pun.

Gravatar Image
Latest posts by Edwin (see all)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *