Cara Menambah Work Breakdown Structure (WBS) di Primavera

  • Whatsapp

Bismillahirrahmanirrahim – “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Table di bawah merupakan data aktifitas untuk membangun taman perusahaan Haitang (Haitang Corporate Park).

Tabel di bawah dibagi menjadi beberapa kelompok pekerjaan Work Breakdown Structure (WBS) yang ditandai dengan marking bold.

Kolom pertama merupakan ID WBS. Pada kolom kedua terdapat ID aktifitas serta nama WBS yang merupakan kategori pekerjaan pada proyek. Kolom ketiga merupakan nama aktifitas.

Kolom keempat merupakan tipe aktifitas yang perlu Anda pilih di Primavera. Kolom kelima merupakan durasi masing-masing pekerjaan dalam satuan hari.

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum menambah aktifitas adalah membuat WBS terlebih dulu.

Langkah Membuat WBS

Untuk membuat WBS, caranya sebagai berikut:

  • Open Project yang akan dibuatkan WBS.
Langkah membuat WBS
  • Setelah Project terbuka, akses menu Project -> WBS.
Cara Membuat WBS
  • Pada halaman WBS, tambahkan WBS dengan klik tombol Add. Kolom WBS Code dibiarkan, karena sudah terisi otomotas. Pada kolom WBS Name, beri nama Design and Engineering.
Cara Membuat WBS
  • Assign OBS Construction Manager pada kolom Responsible Manager. Seperti pada contoh di bawah.
Cara Membuat WBS
  • Lanjutkan membuat WBS sesuai dengan data table aktifitas di atas. Anda bisa menggeser WBS sesuai dengan hirarki WBS lebih rendah atau lebih tinggi. Gunakan panah ke kanan untuk membuat hirarki WBS lebih rendah. Gunakan panah ke kiri untuk membuat hirarki WBS lebih tinggi.
Cara Membuat WBS
  • Hasil akhir WBS adalah sebagai berikut:
Cara Membuat WBS

Cara membuat WBS Code yang lebih Informatif

Anda bisa membiarkan WBS Code dibuat secara otomatis seperti di atas. Namun jika Anda ada waktu, Anda bisa membuat WBS Code dengan struktur yang lebih informatif.

Anda bisa membuat WBS Code dengan menggunakan singkatan WBS Name sehingga akan menggambarkan hirarki WBS ketika kita menampikan data WBS Code pada kolom table aktifitas.

Contoh perbandingan WBS Code yang menampilkan singkatan Nama WBS dengan yang tidak, dapat dilihat pada gambar di bawah:

WBS Code dengan singkatan:

WBS Code dengan auto-number:

Cara Membuat WBS

Dari perbandingan di atas terlihat bahwa WBS Code dengan singkatan lebih informatif. Pada WBS Code dapat dilihat informasi hirarki aktivitas, misal aktifitas dengan WBS Code EC005011.Mechanicals.HVAC (EC005011 merupakan project code) dapat disimpulkan aktivitas ini berada pada hirarki WBS : Mechanical -> HVAC .

Sedangkan pada WBS dengan auto-numbering memiliki WBS Code EC005011.4.1, jika tidak ingat kita tidak bisa mengetahui apa nama WBS yang berada di atas aktifitas. Hanya diketahui aktifitas berada di bawah WBS Code 1 dan 4.

Untuk membuat WBS Code singkatan, Anda dapat mengganti Code WBS yang dibuat secara otomatis sebelumnya menjadi seperti di bawah:

Cara Membuat WBS

Sekarang ubah WBS Code Anda, yang masih dalam bentuk angka, dengan WBS Code singkatan seperti gambar di atas. Caranya masuk lagi ke halaman WBS, lalu ubah bagian WBS Code:

Cara Membuat WBS

Edit semua WBS Code menjadi singkatan sesuai dengan contoh. Urutkan pengisian mulai dari hirarki WBS paling tinggi ke yang rendah (Parent-> child). Cukup tuliskan bagian paling akhir dari WBS Code, secara otomatis Primavera akan menuliskan sesuai struktur WBS, misal:

  • EC005011.Mechanicals : Cukup Anda tuliskan Mechanicals.
  • EC005011.Mechanicals.Lifts : Cukup Anda tuliskan Lifts.

Untuk membuat tampilan WBS yang terstruktur pada table aktifitas, Anda perlu membuat grouping WBS di halaman aktifitas melalui menu Group and Sort…, Caranya sebagai berikut:

Klik kanan pada header table activity, klik menu Group and Sort…

Cara Membuat WBS

In the Group By column, pilih WBS.

Cara Membuat WBS

Hasilnya sebagai berikut:

Cara Membuat WBS

Tampilan di table aktifitas:

Cara Membuat WBS

Anda bisa mengklik Hide if empty, jika ingin menyembunyikan WBS yang belum ada aktifitasnya.

Cara Membuat WBS

Baca juga: cara menambah proyek di Primavera, cara menambah aktivitas di Primavera, cara membuat activity codes di Primavera, Tutorial Step by Step Primavera

Gravatar Image
  • Whatsapp

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *