Cara Membuka 2 Akun WhatsApp Web dalam Satu Browser

  • Whatsapp

WhatsApp menjadi aplikasi chatting yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Karena jumlah penggunanya kian bertambah, tentunya WhatsApp memberikan berbagai pembaruan serta tambahan fitur salah satunya WhatsApp web.

Awalnya fitur whatsapp web ini memungkinkan Anda untuk mengakses WhatsApp menggunakan PC atau laptop. Namun ternyata fitur ini juga bisa diakses lewat smartphone Android Anda. Bahkan bisa akses 2 WhatsApp web lewat HP sekaligus.

Kini Anda dapat membuka dua akun whatsapp web sekaligus melalui perangkat smartphone Anda. misalkan Anda memiliki akun WhatsApp bisnis dan juga akun WhatsApp pribadi, Anda bisa mengakses keduanya sekaligus.

Tentu saja hal ini memudahkan pekerjaan Anda karena tidak perlu repot-repot beralih dari gadget satu ke gadget yang lainnya untuk dapat mengakses WhatsApp.

Baca juga: Cara menggunakan WhatsApp Web; WhatsApp Web Apk.

Berikut kami ulas tutorial untuk dapat akses 2 whatsapp web lewat HP:

Akses 2 WhatsApp Web Lewat HP Menggunakan Mode Incognito

Cara ini memanfaatkan web browser yang ada di ponsel Anda, dalam artikel ini web browser yang digunakan adalah Google Chrome.

Cara yang paling mudah untuk mengakses 2 whatsapp web sekaligus dengan menggunakan mode incognito yang ada pada Chrome.

Mode incognito adalah mode peramban pada browser tanpa menyimpan data history seperti halaman apa yang pernah dibuka, detail login, cookie dan lainnya.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi browser Anda.
  • Lalu pada bagian pojok kanan atas terdapat ikon titik tiga. Klik pada ikon tersebut kemudian pilih checkbox “Desktop Site” yang menjadikan kegiatan berselancar di internet Anda terlihat seperti menggunakan laptop atau komputer.
Cara Akses 2 WhatsApp Web_1
  • Kemudian klik lagi pada ikon titik tiga dan tekan pada pilihan “New Incognito Tab”.
Cara Akses 2 WhatsApp Web_2
  • Anda akan mendapati tab baru dan Anda bisa membuka WhatsApp Web dari tab ini. Selanjutnya ketikkan saja alamat http://web.whatsapp.com/ pada search bar browser Anda.
  • Langkah berikutnya pindai barcode atau kode QR untuk login pada akun WhatsApp Anda.
  • Jika login berhasil, maka Anda akan diteruskan pada akun WhatsApp Anda.

Jika Anda sudah selesai menggunakan WhatsApp Web, meskipun mode incognito tidak akan menyimpan history browser dan cookiesnya, sebaiknya lakukan logout akun untuk keamanan WhatsApp Anda.

Untuk logout dapat Anda lakukan dengan klik ikon titik tiga pada WhatsApp Webnya, bukan pada bar Google Chromenya, lho! Nah, setelah mengetuk ikon tiga titik di pojok kanan atas, tap ada pilihan Log Out.

Langkah selanjutnya, pada aplikasi WhatsApp di perangkat Anda, klik juga pada ikon tiga titik di pojok kanan atas kemudian pilih WhatsApp Web.

Kemudian akan muncul informasi perangkat yang telah masuk, kemudian pilih “Keluar dari semua perangkat”.

Beberapa orang mengakses WhatsApp web untuk memudahkannya dalam berkomunikasi dan terkesan praktis.

Namun beberapa orang menggunakannya untuk kepentingan lain seperti menyadap atau meretas akun WhatsApp orang lain.

Untuk itu, sebaiknya Anda berhati-hati agar tidak menyebarkan kode QR kepada orang lain untuk menjaga keamanan akun Anda.

Akses 2 WhatsApp Web Lewat HP Menggunakan Session Box

Anda bisa membuat sesi terpisah setiap login WhatsApp dengan menggunakan metode Session Box.

Metode ini bisa digunakan untuk membuka dua akun social media di satu browser saja.

Bahkan dengan metode ini Anda bisa membuka beberapa media social lainnya seperti Twitter, Instagram dan yang lainnya.

Proses masuknya dengan menggunakan session box ini sederhana dan Anda dapat menyimpan sesi-sesi yang Anda inginkan.

Anda juga dapat menggunakan sesi yang sama dengan membagikan URL bahkan dengan browser yang berbeda sekali pun.

Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk bisa menggunakan Session Box:

  • Pertama, buka browser Google Chrome pada perangkat Anda. Kemudian buka bagian ekstensi Google Chrome.
  • Scroll untuk mencari pilihan Session Box, jika sudah menemukannya silahkan klik dan install ekstension ini pada browser Anda.
Cara Akses 2 WhatsApp Web_session box_1

Baca cara install chrome extension di sini.

  • Selanjutnya, akseslah halaman WhatsApp Web seperti biasa tanpa menggunakan mode incognito (sebelumnya pastikan Anda sudah memilih mode desktop pada browser Anda).
  • Selanjutnya silahkan login akun utama Anda.  Berikutnya pilihlah ikon Session Box yang berada di bagian status kemudian Anda akan mendapati halaman “Sessions for current page”.
  • Pada halaman ini, tekan pada ikon tambah (+) yang berada di sebelah kanan paling ujung yang berguna untuk membuat stored session.
  • Buat nama sesi yang Anda inginkan. Sebaiknya gunakan nama yang sederhana dan berbeda untuk mempermudah membedakan antar akun yang akan Anda gunakan nanti.
  • Selanjutnya akan muncul perbedaan warna sehingga memudahkan Anda untuk membedakan sesi tab akun utama dengan sesi akun kedua. Kemudian ketuk ikon “Sync” yang berada di bawah nama lalu klik “OK” untuk membuat sesi baru.
  • Selanjutnya Anda bisa melakukan proses login untuk akun kedua WhatsApp Anda dengan memindai kode QR atau barcode seperti tahapan login web whatsapp pada umumnya. Setelah berhasil masuk, maka Anda kini dapat menggunakan kedua akun whatsapp Anda secara bersamaan hanya dengan menggunakan satu browser saja.

Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp Web

WhatsApp Web memang memudahkan para penggunanya untuk bisa mengakses WhatsApp dengan menggunakan smartphone, laptop atau perangkat lainnya.

Ternyata WhatsApp Web memiliki kekurangan di dalamnya. Berikut kekurangan dan kelebihan WhatsApp Web yang mungkin tidak Anda sadari sewaktu menggunakannya:

Kelebihan WhatsApp Web

Biasanya penggunaan WhatsApp Web pada laptop memudahkan pengguna untuk mengurangi typo saat mengirim pesan.

Hal ini dikarenakan keyboard pada laptop lebih besar daripada keyboard pada smartphone sehingga pengguna dapat meminimalisir kesalahan ketik.

Baik diakses menggunakan laptop maupun smartphone, WhatsApp Web tidak memerlukan aplikasi tambahan. Anda bisa memanfaatkan browser Google Chrome atau browser bawaan pada perangkat Anda.

WhatsApp Web memiliki fungsi yang sama dengan WhatsApp versi aplikasi. Anda bisa menerima pesan teks, gambar, video, dokumen, kontak WhatsApp dan melihat status teman Anda yang nomornya disimpan.

WhatsApp Web Dapat digunakan untuk mengirim stiker dan GIF sama seperti WhatsApp versi aplikasi yang ada di smartphone Anda.

Anda dapat mengatur WhatsApp Web melalui aplikasi di perangkat Anda karena mereka saling terkoneksi satu sama lain. Contohnya seperti Anda dapat melakukan logout WhatsApp Web dengan menggunakan pengaturan di aplikasi Whatsapp perangkat Anda.

Anda bisa mengirim file video dengan durasi yang lebih panjang daripada ketika mengirim video dengan menggunakan aplikasi di smartphone.

Kekurangan WhatsApp Web

Ponsel harus selalu terhubung dengan internet untuk bisa mengakses WhatsApp Web.

Jadi fitur ini hanyalah memfasilitasi chatting namun “berpindah tempat” saja karena WhatsApp yang ada di ponsel dan dengan yang di website terhubung satu sama lain.

Fitur WhatsApp Web ini hanya dapat digunakan pada satu jendela aktif saja. Jika Anda membuka tab baru, maka tab sebelumnya akan non-aktif.

Tidak terdapat pengaturan download media seperti yang ada di aplikasi. Media yang masuk pada chat box Anda, akan otomatis terdownload.

Gravatar Image
Latest posts by Edwin (see all)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *