Cara Menghapus Akun Instagram

  • Whatsapp

Banyak individu yang memilih untuk menghabiskan waktu menggunakan media sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Padahal hal ini bisa saja berdampak buruk pada kesehatan, seperti syaraf otak dan mental.

Jika melihat dari sisi kehidupan sosial memang sangatlah tidak baik jika segala sesuatu bergantung pada media sosial, salah satunya instagram, termasuk keinginan harus posting hanya untuk memenuhi timeline.

Bahkan banyak yang lupa bahwa mereka mungkin sudah menghabiskan lebih banyak waktu di instagram atau sosial media daripada dalam kehidupan nyata mereka sehingga momen kebersamaan dengan keluarga dan kerabat terlewat begitu saja.

Ada banyak alasan mengapa seseorang menghapus akun instagram. Bisa karena profile tidak sesuai, ingin rehat dari media sosial, ingin membuat akun baru, dan lain-lain.

Tidak heran jika banyak orang yang ingin tahu cara menghapus akun instagram, baik itu untuk menghapus akun sementara waktu maupun secara permanen.

Berikut ini cara menghapus akun instagram yang bisa Anda lakukan jika memang ingin menghapus akun Anda:

Cara Hapus Akun IG untuk Sementara

Langkah pertama:

Mengakses browser pada link: https://www.instagram.com/accounts/remove/request/temporary/  sehingga masuk pada menu deactivate instagram.

Langkah kedua:

Jangan lupa untuk login terlebih dahulu. Ingat password dan juga ID dari instagram yang Anda gunakan.

Langkah ketiga:

Jangan lupa juga untuk membaca secara keseluruhan instruksi yang ada serta segala macam resiko yang ada jika Anda menonaktifkan instagram milik Anda.

Untuk Anda yang memilih menonaktifkan sementara waktu maka ada kesempatan bagi Anda untuk kembali mengaktifkan instagram milik Anda suatu saat jika dibutuhkan kembali.

Satu hal lagi, mengenai jumlah followers, feed, following, dan juga jumlah like serta hal lainnya tidak akan berubah sama sekali karena hanya nonaktif sementara waktu.

Adapun yang berubah adalah beberapa postingan yang menandai Anda, maka postingan tersebut tidak akan mendeteksi instagram Anda atau tag hilang untuk sementara waktu selama Anda menonaktifkan instagram tersebut.

Namun pada saat Anda mengaktifkannya kembali maka tag tersebut akan muncul lagi.

Langkah ke empat:

cara menghapus akun instaagram sementara_1

Ketik alasan mengapa Anda menonaktifkan instagram Anda. Hal ini sesuaikan saja dengan alasan dan kondisi Anda saat ini.

cara menghapus akun instaagram sementara_2

Kemudian pilih dan jawab pertanyaan dari 10 pertanyaan yang diberikan, pilih saja salah satu dan pastikan sesuai dengan jawaban Anda.

Misalnya saja Anda terlalu banyak menghabiskan waktu pada instagram, atau mungkin Anda merasa privasi Anda mulai terganggu. Sesuaikan dengan kondisi Anda saat ini.

Langkah ke lima:

Saat Anda sudah menentukan alasan mengapa Anda menutup akun instagram milik Anda, maka selanjutnya adalah Anda harus mengetikkan ulang password IG Anda kemudian pilih menu temporarily delete my account.

Langkah ke enam:

Pada tahap ini maka Anda sudah selesai menonaktifkan akun Anda dan Anda akan segera beralih pada halaman login instagram.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghapus instagram dalam kurun waktu tertentu atau untuk sementara waktu.

Namun jika Anda ingin mencoba untuk menghapus instagram milik Anda secara permanen, maka berikut ini cara menghapus akun instagram secara permanen yang bisa Anda lakukan.

Baca juga: Cara atasi lupa password Instagram.

Cara Hapus Akun IG Secara Permanen

Sebelum Anda memutuskan untuk benar-benar menghapus akun IG Anda, maka perlu Anda ketahui bahwa akun tersebut nantinya tidak akan dapat dikembalikan. Karena memang penghapusan akun secara permanen dilakukan untuk menghapus akun selamanya.

Selain itu, beberapa hal yang berkaitan dengan data, followers, following, dan juga feed, serta semua yang ada dalam akun IG Anda maka akan hilang begitu saja.

Serta Anda tidak akan bisa membuat akun IG dengan nama ID atau ID user name yang sama jika Anda ingin membuatnya kembali suatu hari nanti.

Perlu diingat memang, beberapa konsekuensi yang harus diterima misalnya saja jika Anda yang memiliki akun IG untuk berjualan, maka akan sangat disayangkan jika IG tersebut dihapus karena sebagai ladang usaha.

Namun jika dirasa butuh untuk dihapus misalnya sudah ingin berpindah ke platform lain dalam membangun usaha, maka tidak akan menjadi masalah.

Berbeda kondisi jika memang Anda benar-benar ingin istirahat total dari bermain instagram dan memang akun tersebut adalah akun pribadi, bukan akun bisnis maka bisa saja Anda menghapusnya kapan saja dan untuk alasan apa saja.

Dengan demikian pastikan Anda benar-benar yakin untuk menghapus akun instagram secara permanen. Jika memang Anda sudah yakin, maka berikut ini cara menghapus akun instagram secara permanen.

Baca juga: Cara menghapus akun facebook.

Cara Hapus Akun IG Melalui Website

Cara yang satu ini bisa Anda lakukan melalui laptop, PC, maupun HP. Tergantung Anda ingin menggunakan yang mana. Pastikan saja perangkat yang Anda gunakan terhubung pada internet.

Berikut langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Masuk pada laman instagram: https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/ .
  • Kemudian setelah Anda masuk pada laman tersebut, pilih menu “Mengelola Akun Anda” dan setelah itu pilih “Hapus Akun Anda”.
  • Pilih alasan mengapa Anda ingin menonaktifkan akun Anda pada kolom yang sudah disediakan tersebut.
cara menghapus akun instaagram permanent dari website
  • Jangan lupa untuk baca serta pelajari beberapa hal yang terkait atau konsekuensi jika Anda menghapus akun IG milik Anda.
  • Setelah Anda benar-benar yakin dan sudah memahami apa saja akibat yang ditimbulkan jika Anda menghapus akun IG Anda, maka selanjutnya adalah Anda harus menginput password instagram Anda. Hal ini untuk mengauthorisasi bahwa memang Anda benar-benar pemilik akun tersebut.
  • Setelah itu pilih “Permanently Delete My Account”.
  • Proses berhasil dan Anda akan diarahkan pada laman awal login instagram.

Cara Hapus Instagram Melalui Aplikasi

Bagi Anda yang sudah terbiasa bermain instagram melalui aplikasi IG secara langsung, maka hal ini akan memudahkan Anda untuk menghapus akun IG Anda.

Caranya sangat mudah dan juga simpel:

Pertama, Anda harus login pada akun instagram milik Anda melalui smartphone dan kemudian masuk pada laman option, pilih tiga garis vertikal di baris yang ada pada bagian paling bawah.

cara menghapus akun instagram dengan aplikasi_1

Setelah Anda masuk pada menu option tersebut, maka selanjutnya pilih Settings yang ada pada bagian paling bawah.

cara menghapus akun instagram dengan aplikasi_2

Pilih menu Bantuan atau Help, kemudian pilih Help Center atau Pusat Bantuan.

cara menghapus akun instagram dengan aplikasi_3

Setelah itu Anda akan diarahkan pada instagram.com, lalu pilih “Mengelola Akun Anda”.

cara menghapus akun instagram dengan aplikasi_4

Jika sudah loading, maka akan terbuka halaman baru dan Anda pilih “Hapus Akun Anda”.

cara menghapus akun instagram dengan aplikasi_5

Sama seperti sebelumnya, pilih salah satu pertanyaan yang diberikan. Jawab saja sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Setelah itu ikuti prosedur yang diberikan oleh instagram.

cara menghapus akun instagram dengan aplikasi_6

Apabila beberapa proses tersebut sudah Anda lakukan, maka sudah selesai. Anda berhasil menghapus akun instagram Anda secara permanen.

cara menghapus akun instagram dengan aplikasi_7

Untuk membuktikannya maka Anda bisa dengan cara mencoba mencari nama username atau ID dari instagram yang Anda hapus tersebut.

Dengan meminta bantuan pada teman Anda yang juga memiliki akun instagram, maka jika saat dilakukan pencarian tidak ada, akun Anda benar sudah terhapus dan tidak akan bisa dikembalikan sama sekali.

Gravatar Image
Latest posts by Edwin (see all)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *