Cara berjualan di Alibaba dengan Target Pasar Global!

  • Whatsapp

Meskipun berasal dari China, Alibaba adalah salah satu e commerce terbesar di dunia. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengguna lebih dari 50 juta orang yang tersebar di seluruh dunia.

Pasar yang ditawarkan dengan menggunakan ecommerce ini tentunya lebih luas. Tertarik untuk memasarkan produk Anda di pasar global? Simak informasi cara berjualan di Alibaba berikut ini!

Cara berjualan di Alibaba

Bagi Anda yang baru pertama kali mendengar mengenai Alibaba, jangan khawatir karena kami akan mengulasnya.

Jadi, Alibaba memiliki konsep B2B atau Business to Business di mana Alibaba memungkinkan para eksportir dan importir yang tersebar di seluruh dunia untuk melakukan transaksi jual beli.

Dengan kata lain, calon pembeli pada ecommerce ini adalah distributor, agen atau importir sehingga Anda harus menjual produk Anda secara grosir atau skala besar.

Cara daftar di Alibaba

Untuk dapat menjual produk Anda di Alibaba, tentunya langkah pertama yang wajib dilakukan adalah membuat akun ecommerce ini. Begini langkah-langkah untuk melakukan pendaftarannya:

1. Langkah pertama, Anda perlu menuju halaman Alibaba yang dapat di akses melalui link berikut ini https://www.alibaba.com/

2. Klik pilihan “Join Free” yang berada di bawah “Sign in”

cara daftar alibaba_1

3. Selanjutnya Anda akan diteruskan pada laman registrasi.

4. Isikan data-data yang di perlukan. Pertama Anda perlu memilih di mana lokasi Anda berada, pilihlah “Indonesia”.

5. Kemudian pilih “Seller” pada bullet yang tersedia. Jika Anda menghendaki menjadi pembeli dan pedagang sekaligus, maka pilihlah “Both”

cara daftar alibaba_4

6. Selanjutnya isikan data email, password.

7. Dalam halaman ini Anda juga diminta untuk mengisikan nama perusahaan. Pastikan UKM Anda sudah terdaftar secara resmi.

8. Isikan nama lengkap beserta nomor ponsel Anda.

9. Anda perlu memverifikasi akun ini dengan menggeser pilihan verifikasi.

10. Jangan lupa untuk menyetujui pilihan persetujuan keanggotaan Alibaba.

11. Langkah selanjutnya, klik tombol berwarna orange “Agree and register”.

Untuk memverifikasi akun Anda segeralah cek email dari Alibaba. Klik pada pesan yang berisikan link untuk memverifikasi. Langkah selanjutnya Anda akan memilih membership plan.

Jadi dalam Alibaba terdapat 2 tipe keanggotaan, yang pertama anggota dengan membership plan yang mengharuskan Anda membayar sejumlah dana dan kemudian ada keanggotaan alibaba secara gratis.

Menggunakan membership plan tentunya memiliki manfaat dan penawaran.

Penawarannya adalah Anda dapat mengupload produk Anda lebih dari 50 barang, sedangkan keanggotaan gratis maksimal hanya mendapatkan 50 upload barang.

Selain itu dengan memilih membership plan maka produk Anda akan mendapat iklan gratis.

Cara Posting Produk di Alibaba

Setelah melakukan pendaftaran, pemilihan keanggotaan Alibaba dan juga verifikasi, kini Anda dapat mengunggah produk ke akun Alibaba Anda dan mengetahui cara berjualan di Alibaba.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk bisa melakukannya:

1. Masukkan nama produk Anda.

cara posting produk_1

2. Masukkan kata kunci produk Anda.

3. Alibaba akan mengatur produk Anda dengan disediakan beberapa pilihan dari kategori produk yang akan Anda jual.

Hal ini juga berfungsi supaya memudahkan calon pembeli supaya dengan mudah menemukan produk yang Anda tawarkan.

cara posting produk_2

4. Tulislah deskripsi produk Anda secara singkat agar membantu calon pembeli untuk mengetahui informasi dan memahami produk Anda secara singkat.

cara posting produk_4

5. Selanjutnya klik pada tombol “Next”

6. Setelah Anda menuliskan deskripsi singkat, sekarang waktunya untuk menuliskan detail produk Anda.

7. Selanjutnya centang checklist sesuai pada kolom “Product status”, “Application” dan “Type”.

cara posting produk_5

8. Jika produk yang Anda jual memiliki merek, nomor model dan asal produk maka Anda harus mengisinya. Kosongkan jika tidak memiliki hal ini.

9. Unggah foto produk Anda dengan menekan tombol “Browse” untuk memilih file foto di komputer, atau Anda juga dapat menekan tombol “Select from Photo Bank” untuk memilih foto yang sudah tersimpan di Alibaba.

cara posting produk_6

Bagaimana menentukan harga produk?

Anda perlu memperhatikan kedua hal di bawah ini ketika akan menentukan harga barang yang akan Anda jual di Alibaba.

Pengeluaran Anda

Pertimbangkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk memproduksi, menyimpan, dan mengirimkan produk Anda.

Apa yang mewakili margin keuntungan yang dapat diterima di atas total biaya produksi Anda?

Pertimbangkan apa pembeli mau membayar sejumlah biaya untuk barang Anda

Cari tahu berapa banyak pembeli Alibaba membayar untuk produk serupa. Gunakan informasi ini untuk mencari titik harga yang wajar untuk pembeli.

 Opsi pengiriman dan pembayaran

Setelah Anda mengunggah gambar produk dan menetapkan harga yang akan Anda pasang untuk produk Anda. Langkah selanjutnya adalah mengatur dan memilih metode pengiriman dan metode pembayaran.

Telah tersedia berbagai cara pembayaran bagi calon pembeli. Kemudian Anda juga bisa mengatur jumlah pesanan minimal dan harga per produk.

Anda juga perlu menentukan kapasitas produksi, detail pengemasan serta estimasi perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman barang.

Informasi ini akan membantu calon pembeli terhadap layanan yang Anda berikan apakah sesuai kebutuhan mereka atau tidak. Setelah mengisikan semuanya, selanjutnya klik pada tombol “Submit.”

Membuat Profil Perusahaan

Selanjutnya Anda akan diteruskan pada halaman profil perusahaan. Pada halaman ini Anda diharuskan menuliskan identitas perusahaan Anda seperti menuliskan nama beserta alamat perusahaan Anda.

Selain itu, Anda juga harus mengisi pilihan jenis usaha Anda serta jenis barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Anda juga perlu mengisikan profil anggota perusahaan Anda, data yang harus diisi antara lain adalah jenis kelamin dan nomor kontak.

Mengirim Produk

Setelah berbagai langkah di atas Anda lakukan, klik tombol “Submit”. Kemudian produk Anda akan berstatus pending yang menandakan bahwa produk tersebut masih belum terpublikasi.

Barang yang telah Anda submit akan di review oleh pihak Alibaba sehingga sedikit memakan waktu. Jika produk Anda disetujui oleh Alibaba, maka produk akan dipublish.

Intinya, Anda tidak bisa sembarangan untuk memposting produk dagangan Anda. Seluruh produk harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Alibaba sebelum Anda dapat menjualnya di e-commerce ini.

Cara untuk mendapat Keuntungan di Alibaba

Meskipun sangat memungkinkan untuk menghasilkan uang dengan menjual produk di Alibaba, namun sebenarnya tidak ada jaminan keuntungan.

Tidak hanya bersaing dengan berbagai pemasok lainnya yang berbasis di Cina dan dapat menawarkan produk dengan harga murah-basement – tetapi Anda juga harus mempertimbangkan biaya keanggotaan Alibaba dan biaya overhead lainnya.

Meskipun tidak ada jaminan Anda akan menghasilkan uang, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang kesuksesan Anda dengan cara berjualan di Alibaba:

Mulai dengan keanggotaan gratis

Daftarkan untuk keanggotaan gratis sehingga Anda dapat mencicipi fitur-fitur Alibaba. Ini memungkinkan Anda untuk merasakan bagaimana platform bekerja dan tingkat permintaan pembeli sebelum Anda berkomitmen untuk menjadi anggota tahunan.

Bermitra dengan produsen Cina

Bergabunglah dengan pabrikan Cina untuk membantu meningkatkan margin keuntungan Anda dan memenuhi pesanan

Lakukan research pasar

Cari tahu bagaimana pemasok lain memasarkan dan memberi harga produk serupa di Alibaba. Ini akan membantu Anda memahami cara menarik pembeli target Anda dan cara memberi harga barang Anda.

Mencari pembeli

Dapatkan proaktif tentang menghasilkan bisnis baru dengan menelusuri permintaan pembeli terbaru dan menawarkan penawaran kepada pelanggan potensial.

Pembayaran di Alibaba

Setelah menetapkan hati untuk menjual barang Anda di Alibaba, ketahuilah bahwa Alibaba menerima beberapa jenis pembayaran seperti:

  • Credit card
  • Debit card
  • Wire transfer
  • PayPal (baca juga cara menggunakan Paypal)
  • Online bank payment
  • Western Union
  • Boleto
  • Pay Later

Shipping produk Alibaba

Saat Anda menyusun perjanjian pemesanan dengan pembeli, Anda harus mengutip biaya pengiriman dan jangka waktu pengiriman.

Karena Alibaba memungkinkan pengguna membeli dalam jumlah besar, tergantung pada ukuran pesanan, Anda mungkin perlu mempertimbangkan untuk menggunakan layanan pengiriman internasional.

Ada banyak kurir internasional untuk dipilih, jadi bandingkan penawaran dari beberapa penyedia untuk menemukan opsi yang paling handal dan hemat biaya.

Untuk pesanan internasional, ada beberapa pilihan diantaranya sebagai berikut:

Pengiriman melalui udara

Mengirim pesanan melalui udara cepat dan dapat diandalkan, tetapi juga lebih mahal.

Pengiriman melalui laut

Pengiriman laut mungkin lebih lambat tetapi bisa jauh lebih hemat biaya untuk pengiriman besar dan berat.

Jika Anda perlu mengirimkan produk dari China, Alibaba menawarkan layanan logistiknya sendiri, Alibaba Logistik. Ada dua opsi yang tersedia:

  • Alibaba.com mengirimkan paket dari Cina ke negara-negara di seluruh dunia.
  • Alibaba.com Air Express mengirim dari Cina ke AS.

Cara memasarkan produk di Alibaba

Alibaba menawarkan berbagai alat yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan produk Anda kepada pembeli. Fitur-fitur tersebut termasuk beberapa hal di bawah ini:

My Keywords (Kata Kunci)

Menilai daftar kata kunci untuk peningkatan eksposur dan optimisasi mesin pencari.

Tampilkan Produk

Promosikan produk berkinerja terbaik melalui fitur Menampilkan Produk Alibaba.

Iklan dengan Kata Kunci

Ketuk fitur Periklanan Kata Kunci Alibaba untuk iklan bayar per klik untuk membantu meningkatkan visibilitas produk dalam hasil pencarian.

Diskon Pelanggan

Menawarkan diskon dan kupon kepada pembeli untuk mendorong bisnis yang berulang.

Hal yang perlu Anda perhatikan di Alibaba

Pastikan Anda sudah paham dan mengerti berbagai resiko ketika Anda memutuskan untuk mulai berjualan di Alibaba.

Berikut merupakan beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan:

Kompetisi

Alibaba berbasis di Cina, dan dalam beberapa kasus, bisnis Anda mungkin tidak dapat bersaing dengan harga yang lebih rendah yang ditawarkan oleh pemasok lain.

Biaya Alibaba

Keanggotaan berbayar termurah dari Alibaba adalah $ 2.289 per tahun. Pastikan bahwa platform ini adalah pilihan yang tepat untuk bisnis Anda sebelum mendaftar.

Tidak cocok untuk semua pedagang online

Menurut Alibaba, bisnis yang paling sukses di platform B2B ini biasanya:

  1. Menjual 10 produk dan bahkan lebih banyak lagi.
  2. Memiliki minimal 2 karyawan
  3. Memiliki pendapatan tahunan $ 500.000 atau lebih
  4. Memiliki pengalaman ekspor

 Persyaratan ekspor dan bea cukai

Alibaba dapat membantu bisnis Anda terhubung dengan pembeli di seluruh dunia, sehingga Anda perlu memahami aturan dan regulasi yang diperlukan untuk mengirimkan barang Anda ke luar negeri.

User-friendly

Alibaba bisa memberikan efek yang sangat besar bagi penjual baru. Karena Anda bisa menggunakan tool dengan mudah serta terdapat banyak informasi untuk diterima dan mungkin Anda butuh waktu untuk menjadi nyaman menavigasi platform.

Gravatar Image
Latest posts by Edwin (see all)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *