Cara Aktifkan Dark Mode di WhatsApp Web

  • Whatsapp

Aplikasi WhatsApp mungkin bukan nama yang asing lagi di telinga Anda. Aplikasi chat ini sangat populer di tanah air karena selain untuk melakukan obrolan secara pribadi maupun kelompok, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk melakukan panggilan suara dan panggilan dalam bentuk video.

Jika Anda ingin melakukan panggilan secara berkelompok juga bisa karena WhatsApp menyediakan fitur ini.  WhatsApp kini juga bisa Anda akses melalui PC Anda.

Hal ini tentunya sangat memudahkan Anda untuk melakukan obrolan sambil mengirimkan bahan atau materi yang tersimpan di PC kepada orang lain. Berikut cara mengaktifkan WhatsApp Web dan fitur yang tersedia.

Cara Menggunakan WhatsApp Web (WA Web) di Laptop

Cara menggunakan WhatsApp Web sangat mudah, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi ini tetapi cukup mengaksesnya melalui laman browser yang ada di PC Anda misalnya Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Untuk menggunakan WhatsApp yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Buka situs WhatsApp Web melalui browser yang tersedia di PC Anda dengan mengakses laman web.whatsapp.com
  • Setelah masuk ke laman WhatsApp Web, Anda akan melihat QR Code pada halaman depan.
  • Kemudian buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda lalu ketuk ikon titik tiga pada bagian pojok kanan atas dan pilih opsi WhatsApp Web.
  • Secara otomatis, WhatsApp akan meminta Anda melakukan pindai pada QR Code yang ada pada tampilan Laptop Anda.

Selain melalui proses pindai, Anda juga bisa masuk dengan mengaktifkan pilihan “tetap masuk” ketika Anda ingin menggunakan WhatsApp Web maka Anda akan otomatis masuk kembali ketika membuka browser di lain waktu.

Namun cara terakhir ini tidak begitu disarankan karena WhatsApp Web yang terbuka di laptop Anda dapat disalahgunakan oleh orang lain jika ada yang meminjam laptop Anda.

  • Jika proses pindai QR Code berhasil Anda akan langsung diarahkan ke halaman depan WhatsApp Web. Sekarang Anda bisa melakukan percakapan seperti yang biasa Anda lakukan pada WhatsApp di ponsel Anda.
  • Anda juga dapat mengirimkan media berupa dokumen, foto, video, dan kontak.
  • Jika Anda sudah selesai menggunakan aplikasi ini dan ingin keluar, maka Anda hanya perlu mengetuk ikon titik tiga yang berada di dekat profil Anda dan pilih opsi keluar.
  • Atau jika Anda lupa untuk keluar pada halaman browser, Anda juga dapat keluar dari aplikasi WhatsApp Web dengan cara masuk  ke aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda lalu ketuk ikon tiga titik kemudian pilih WhatsApp Web dan pilih keluar dari semua perangkat. Selesai.

Fitur Dark Mode Pada WhatsApp Web

Pihak WhatsApp terus melakukan pengembangan terhadap produk mereka. Tidak hanya pengembangan terhadap aplikasi WhatsApp yang terdapat di ponsel Anda tetapi juga banyak fitur-fitur terbaru yang muncul di WhatsApp Web salah satu diantaranya yaitu dark mode.

Fitur ini sangat banyak diminati oleh para penggunanya karena warna gelap yang mendominasi membuat tampilan WhatsApp Web Anda terlihat berkelas. Fitur ini juga diduga lebih baik untuk kesehatan mata Anda.

Keuntungan lainnya yang dapat Anda peroleh dari fitur ini adalah daya konsumsi baterai laptop Anda yang lebih hemat karena pencahayaan yang dihasilkan diminimalisir. Berikut cara mengaktifkan dark mode di aplikasi WhatsApp Web.

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah, masuk ke akun WhatsApp Web seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Selanjutnya, ketuk ikon tiga titik yang berada di dekat profil Anda lalu pilih opsi setting (pengaturan)
dark mode_1
  • Akan muncul pilihan theme, ketuk theme lalu akan tersedia pilihan light mode dan dark mode.
dark mode_2

Pilih opsi dark mode untuk mengaktifkan mode gelapnya.

dark mode_3
  • Klik ok dan tampilan WhatsApp Web Anda otomatis akan berubah menjadi gelap.
dark mode_4

Ternyata cara mengaktifkan dark mode sangat mudah. selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Selain fitur dark mode, WhatsApp Web juga berencana menghadirkan fitur lainnya yaitu fitur voice dan video call.

Tentunya sangat seru apabila fitur ini nantinya diluncurkan, Anda dapat melakukan panggilan suara dan video melalui Laptop Anda.

Fitur terakhir yang rencananya akan diluncurkan adalah search by image. Fitur ini nantinya akan memudahkan Anda dalam melakukan pencarian gambar yang dikirim oleh pengguna lain melalui situs Google Images.

Gravatar Image
Latest posts by Edwin (see all)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *